bdadinfo.com

PLN Bagikan Tips Menghindari Potensi Bahaya Listrik sebagai Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrem yang Masih Berlanjut, Gini Caranya - News

Tips menghindari potensi bahaya listrik di cuaca ekstrem (Freepik)

- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi banjir dan cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) perkirakan musim penghujan berpotensi akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyampaikan cuaca ekstrem yang ditandai dengan perubahan cuaca secara tiba-tiba diperkirakan terjadi khususnya di Pulau Jawa hingga 5 sampai 11 April 2024, yang bertepatan dengan arus mudik Lebaran 2024 dengan curah hujan sedang hingga lebat.

Baca Juga: Resep Bolu 3 Warna lezat dan Memikat Lidah, Bahan Sederhana Mudah Diikuti! Cocok untuk Camilan Lebaran

Tak hanya itu, BMKG juga sampaikan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Dilansir laman berita Kementerian BUMN, Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN mengimbau kepada masyarakat untuk aktif melaporkan kepada PLN jika menemukan atau mengalami bencana banjir dan potensi bahaya listrik lainnya. Jika terjadi banjir, maka PLN terpaksa harus melakukan pemutusan aliran listrik sementara.

“Sekarang kita memasuki musim hujan. Kami imbau kepada masyarakat kalau ada hal-hal yang berpotensi membahayakan. Misalnya pohon yang mendekati jaringan dan berpotensi menimpa jaringan mohon diinformasikan ke tim kami di PLN, melalui PLN Mobile atau ke kantor layanan PLN terdekat, sehingga kami bisa secepatnya melakukan perabasan," kata Gregorius Adi Trianto.

Baca Juga: Tewaskan 115 Orang, Inilah Empat Fakta Penembakan di Konser Band Rock Crocus City Hall Moscow Russia

Hal tersebut dilakukan oleh PLN untuk mengutamakan keselamatan para masyarakat dan menghindari terjadinya kerusakan pada jaringan listrik.

Masyarakat diharapkan dapat menghindari potensi bahaya listrik dengan tips sebagai berikut:

1. Segera matikan listrik melalui Miniature Circuit Breaker (MCB) kWh meter ketika air hujan mulai memasuki rumah atau terjadi kebocoran air dekat area aliran listrik.

Baca Juga: Jokowi Bersama Ma'ruf Amin dan Para Menteri Lapor SPT di Istana Negara

2. Cabut peralatan elektronik dari stop kontak, lalu segera pindahkan ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau oleh air.

Pastikan kondisi kedua tangan dan anggota tubuh lainnya dalam keadaan kering sebelum melakukan tindakan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat