bdadinfo.com

6 Titik Lokasi Harta Karun di Indonesia yang Terdeteksi, Nomor. 6 Sumatera Basis Sumber Daya 6,5 Juta Ounce Emas dan 64 Juta Ounce Perak - News

Dikelola oleh PT Agincourt Resources (PTAR), tambang emas ini memiliki basis sumber daya 6,5 juta ounce emas dan 64 juta ounce perak per Juni 2022. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe mencapai lebih dari 7 juta ton bijih per tahun.

- Indonesia terkenal dengan sumber daya alam mineral yang melimpah, salah satunya emas. Bahkan, potensi endapan emas tersebar merata hampir di setiap daerah di Indonesia.

Berdasarkan data United States Geological Survey (USGS) 2020 yang diolah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia tercatat memiliki 2.600 ton emas atau 5% dari total cadangan emas dunia sebesar 50.300 ton.

Ini berarti, Indonesia merupakan pemilik cadangan emas terbesar kelima di dunia, setelah Australia, Rusia, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Rencana Pembangunan Kereta Cepat Trans Borneo untuk Menghubungkan Tiga Negara

Meskipun begitu, eksplorasi emas di Indonesia masih belum dilakukan secara optimal.

Lalu, daerah mana saja yang dikenal sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia?

Kabupaten Mimika
Mimika adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Tengah. Di kabupaten ini terletak Kecamatan Tembagapura, merupakan lokasi Tambang Emas Grasberg, yang merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia.

Dengan cadangan emas yang diperkirakan sebesar 106,2 juta ons, tambang emas ini bisa menghasilkan sekitar 240 kg emas murni setiap harinya.

Baca Juga: Terdepan Melindungi Masyarakat, Wako Padang Hendri Septa Minta Dinas Damkar Tingkatkan Pelayanan

Dalam satu dekade terakhir, produksi emas Grasberg mencapai produksi tertingginya di tahun 2018, yaitu sebesar 2,7 juta ons. Angka tersebut meningkat 68,75% dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, pada 2019 dan 2020, produksi mengalami penurunan signifikan. Hal ini dikarenakan adanya transisi pengelolaan tambang dari model terbuka (open pit) ke tambang bawah tanah (underground).

Ketika tambang bawah tanah sudah dapat beroperasi dengan kapasitas penuh di tahun 2021, produksi emas meningkat menjadi 1,3 juta ton dan terus mencatatkan peningkatan pada 2022. Pada 2023, produksi emas Grasberg ditargetkan bisa mencapai 1,8 juta ons.

Banyuwangi
Salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki gunung emas yang tepatnya terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, dan dikenal dengan nama Tumpang Pitu atau biasa disebut Tambang Tujuh Bukit.

Penambangan emas di Tambang Emas Tujuh Bukit ini dimulai pada Desember 2016 di atas lahan seluas 4.998 hektar.

Baca Juga: Yuk Ramaikan Festival Rakyat Muaro Padang pada 19 April 2024, Ada Parade Multietnis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat