bdadinfo.com

Rencana 2015 Belum Rampung! Dilirik Investor Pembangunan Konstruksi PLTA Nunukan di Kabupaten yang di Kalimantan Utara Bakal Tenggelamkan 7 Desa - News

PLTU Nunukan, Kaltara (Freepik)

- Rencana konstruksi pembangunan proyek di Kalimantan Utara, Nunukan yang tengah dalam pengerjaan namun masih belum dapat rampung. 

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Nunukan masih dalam tahap perencanaan awal. 

Rapat diadakan yang dipimpin Asisten II Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara, Syaiful Herman pada Jumat 27 Februari 2023. 

Baca Juga: Pabrik dan Pertanian di Kalimantan Timur Bakal Kalahkan Sumatera Utara, Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Pabrik Minyak Terbesar di Indonesia

Diputuskan pembangunan PLTA di daerah Mentarang-3 kembali dijadwalkan ulang dengan ketiga kalinya pembangunan PLTA molor sejak tahun 2015. 

Syaiful menyatakan, setelah dilakukan penjadwalan ulang, tim yang telah dibentuk bersama dengan pihak dari PT. Kalimantan Electricity.

Pihak dari PT. Kalimantan Electricity yang akan turun ke lapangan untuk mengecek lokasi bendungan di Mentarang-3, Sungai Krayan.

Baca Juga: Kecamatan Muara Badak! Berhasil Meraih Juara di Kalimantan Timur, Segera Dimulai Konstruksi Bangunan Rumah Sakit Termegah di Kabupaten Pesisir...

Namun terkait tinggi bendungan yang ingin dibuat, awalnya direncanakan 200 meter dari permukaan. 

Sementara jika ketinggiannya demikian dapat dipastikan akan ada 7 desa yang akan tenggelam.

“Jadi, setelah mendapatkan hasil dari lapangan itu, baru akan dicocokkan dengan hasil dari PT. Kalimantan Electricity yang sudah tiga kali mengalami perubahan,” ungkap Syaiful.

Baca Juga: Meresahkan Provinsi Lain! Konstruksi Pembangunan Bendungan Raksasa Bakal Segera Pasok Air Terbesar di Sumatera Selatan Bikin Makmur

“Sehingga diminta untuk diturunkan menjadi 145 meter, tapi dengan diturunkan begitu masih akan tetap ada desa yang akan ditenggelamkan, yaitu 2 desa,” tegasnya.

Dengan begitu, Nunukan mengajukan usulan untuk pembuatan bendungan itu jika bisa 100 meter. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat