bdadinfo.com

IKN Mulai Tunjukkan Taringnya! Progres Hampir 80 Persen, Jalan Tol Terpanjang di Kalimantan Timur Inilah Dinyatakan Rampung 2024 Jadi Jalur Akses... - News

Jalan Tol IKN 80 Persen, Kaltim (Freepik)

- Mega proyek strategis nasional IKN yang bersifat berkelanjutan hingga saat ini dalam tahap pengerjaan dan penyelesaian dengan baik. 

Rencana pembangunan Jalan Tol IKN yang akan menjadi terpanjang di Kalimantan Timur, mulai dibangun pada Februari 2024. 

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan menyatakan bahwa upaya untuk menggunakan produk lokal tengah dikebut oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: Cuan Bos, Hutama Karya Bangun JTTS Sepanjang 959 Km, Kantongi Laba Bersih Rp1.872 Triliun

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN

Tahap 1 telah mencapai 62,65 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule). 

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” ujar Danis. 

Baca Juga: Pendeta Gilbert Ungkap Klarifikasi dan Permintaan Maaf Usai Khotbah Sindir Zakat hingga Ibadah Umat Islam Viral: Gak Mungkin Saya Menebar yang Buruk

Sedangkan untuk konektivitas, Danis menyebut saat ini sedang diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Tahap pertama, Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda ini akan memangkas waktu tempuh.

Baca Juga: Menyesal! Ivan Gunawan Minta Maaf Gegara Jadikan Kasus Pelecehan Seksual Saipul Jamil sebagai Candaan

Memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi kurang dari satu jam yang ditargetkan rampung pada Juni 2024 mendatang.

Sebelumnya Jokowi telah meninjau langsung progres pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Peninjauan yang dilakukan di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu 1 November 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat