bdadinfo.com

Wijaya Karya Kejar Target! Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Selesai Tahun Ini - News

Wijaya Karya Kejar Target! Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Selesai Tahun Ini/youtube

- Jalan Tol Serang - Panimbang merupakan infrastruktur yang masuk ke dalam Proyek Strategi Nasional (PSN) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan seksi 3.

Jalan tol Serang - Panimbang memiliki panjang 83,67 km yang terbagi menjadi tiga seksi, yaitu:

- Seksi 1 Serang - Rangkasbitung sepanjang 26,5 km, telah beroperasi sejak tahun 2021.

- Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24,17 km, masih dalam tahap pembangunan 55,83%.

Baca Juga: Kalahkan Crash Landing on You, Queen of Tears Berhasil Raih Rating Tinggi di Episode Terakhir, Yakin Ga Nonton?

- Seksi 3A Cileles - Bojong sepanjang 17,46 km, masih dalam tahap pembangunan 68,19%.

- Seksi 3B Bojong - Panimbang sepanjang 15,54 km, yang belum dimulai pembangunannya.

Saat ini Jalan Tol Serang - Panimbang juga memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A dan Tipe B di KM 70 tepatnya berada di Seksi 1 Serang - Rangkasbitung.

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab atas pengerjaan pada ruas jalan Rangkasbitung - Simpang Susun Bojong berharap pembangunan jalan tol tersebut selesai di tahun 2024.

Baca Juga: Kalahkan Crash Landing on You, Queen of Tears Berhasil Raih Rating Tinggi di Episode Terakhir, Yakin Ga Nonton?

Seksi 3 tol tersebut dikerjakan untuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya dengan estimasi dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Lesung menjadi 2,5 jam dari yang biasanya membutuhkan waktu 4 jam.

Selain itu, dalam pemangkasan waktu tempuh perjalanan, keberadaan tol tersebut diharapkan dapat turut berkontribusi dalam perkembangan sektor ekonomi masyarakat khususnya wilayah Banten Selatan dan Banten Tengah karena secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan, pembangunan seksi 2 dan seksi 3 tol Serang - Panimbang telah memberi kontribusi melalui penyerapan tenaga kerja konstruksi sebanyak kurang lebih 1.300 orang serta pembelanjaan UMKM mitra kerja proyek senilai kurang lebih Rp. 1 Triliun.

Baca Juga: Kalimantan Timur Diambang Perpecahan! 5 Daerah Naik Tahta Demi Pembangunan Mega Proyek Ibu Kota Nusantara yang Super Megah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat