bdadinfo.com

Diam-diam Kota Terkecil di Indonesia Terletak di Sebelah Selatan Danau Toba Terkenal Sampai di Hollywood Karena Tempat Syuting Film King Kong - News

Meskipun kurang terkenal di Indonesia dengan keindahan pantai lautnya dan kurang diketahui bahwa Sibolga menjadi kota terkecil di Indonesia akan tetapi terkenal di Hollywood.Film yang sangat terkenal dan ditonton di seluruh dunia. Pulau Mursala, tempat syuting film King Kong.

- Kota Sibolga adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada pada kawasan Teluk Tapian Nauli.

Baca Juga: Selamat Tinggal Sumatera Utara! 6 Kabupaten dan Kota Bersekutu Proklamasikan Provinsi Baru Sumatera Timur Beribukota di Kota Terpadat di Asia Tenggara

Jaraknya sekitar 350 km dari Kota Medan, atau sekitar 8 jam perjalanan. Kota Sibolga hanya memiliki luas 10,77 km² dan berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Sibolga 2023, kota ini memiliki penduduk sebanyak 90.366 jiwa, dengan kepadatan penduduk 8.391 jiwa/km².

Pada masa Hindia Belanda, kota ini merupakan ibu kota dari Keresidenan Tapanuli. Setelah masa kemerdekaan hingga tahun 1998, Sibolga menjadi kotamadya Sibolga.

Baca Juga: Lantunkan Allahu Akbar Setelah Berhasil Mengalahkan Manchester City di Perempat Final, Ternyata Rudiger Pernah Dituding Sebagai ISIS

Kota Sibolga terletak di pesisir barat provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di sebelah selatan Danau Toba.

Wilayah Kota Sibolga terbagi menjadi daratan pantai, lereng, dan pegunungan. Ketinggian wilayah Kota Sibolga berkisar antara 0-200 meter di atas permukaan laut.Kemiringan lahan kawasan kota ini bervariasi antara 0-2 % sampai lebih dari 40 %.

Baca Juga: Selamat Tinggal Sumatera Utara! 6 Kabupaten dan Kota Bersekutu Proklamasikan Provinsi Baru Sumatera Timur Beribukota di Kota Terpadat di Asia Tenggara

Iklim kota Sibolga termasuk cukup panas dengan suhu maksimum mencapai 32 °C dan minimum 21.6 °C.

Sementara curah hujan di Sibolga cenderung tidak teratur di sepanjang tahunnya. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan November dengan jumlah 798 mm, sedang hujan terbanyak terjadi pada Desember yakni 26 hari.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Menjaga Kesehatan Jantung melalui Olahraga Kardio, Ini Tips dan Penjelasannya!

Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Sarudik dan Pulau Panjang

Kota Sibolga terdiri dari 4 kecamatan dan 17 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 10,77 km². Sedangkan kecamatan yang jumlah penduduknya terkecil adalah Kecamatan Sibolga Kota yaitu 14.304 orang.

Dengan luas wilayah Kota Sibolga sekitar 10,77 km² serta didiami oleh 89.584 orang (2020), maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Kota Sibolga adalah sebanyak 8.318 orang per km².

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat