bdadinfo.com

Bikin Gempar! Arkeolog Temukan Harta Karun Langka Zaman Perunggu yang Terbuat dari Logam Luar Angkasa, Temukan Detailnya - News

Arkeolog Temukan Harta Karun Langka Zaman Perunggu dari Logam Luar Angkasa (Bing.com/image/create)

- Sebuah temuan arkeologis mengejutkan dunia ketika hasil analisis terbaru mengungkap hal yang mencengangkan.

Mereka sebut kumpulan artefak Zaman Perunggu yang ditemukan lebih dari 60 tahun lalu di Spanyol, ternyata terbuat dari metal yang tidak berasal dari Bumi, melainkan dari luar angkasa.

Artefak yang dikenal sebagai Harta Karun Villena ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 1963.

Baca Juga: Sistem Tata Surya, Rotasi dan Revolusi Bumi, Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 141 142 Uji Pemahaman Bab 5 Kurikulum Merdeka

Kumpulan ini terdiri dari sekitar 59 botol, mangkuk, dan sejumlah perhiasan indah yang dihiasi dengan emas, perak, ambar, dan besi.

Dilansir dari laman Live Science, peneliti saat itu menemukan unsur yang mencurigakan pada sejumlah artefak besi, menggambarkannya sebagai "logam timah gelap".

Namun, setelah analisis lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa unsur besi pada dua artefak tersebut berasal dari meteorit yang jatuh ke Bumi sekitar 1 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: PT Freeport Klaim Masih Punya Cadangan Tambang Bawah Tanah Melimpah, Tak Akan Habis Sampai Tahun 2041

Menurut laporan koran El Pais di Spanyol, beberapa bagian dari unsur besi tersebut tampak lebih berkilau dan dilapisi dengan oksida besi yang sebagian retak, menambah misteri seputar asal-usul dan pembuatan artefak tersebut.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Trabajos de Prehistoria pada 30 Desember lalu.

Para ilmuwan telah menguji dua keping artefak besi yang ditemukan. Salah satunya berbentuk gelang mirip huruf C, sementara yang lainnya berbentuk lingkaran kosong yang dihiasi dengan lapisan emas.

Baca Juga: Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Sekolah

Kedua artefak ini diperkirakan dibuat antara 1.400 hingga 1.200 tahun yang lalu.

Temuan ini tidak hanya mengungkapkan kekayaan budaya dan sejarah Zaman Perunggu di Spanyol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat