bdadinfo.com

Ibukota Provinsi Baru Sumatera Tengah Sudah Diresmikan di Kabupaten yang Punya Harta Karun Berlimpah di Jambi, Menunggu Titah Presiden RI Mendarat! - News

Berdasarkan Surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah sudah diajukan kepada Presiden Jokowi pada tanggal 27 Oktober 2022 yang lalu, dengan nomor surat: 01/X/IPST-2022.

 - Benarkah Provinsi Baru Sumatera Tengah bakal terwujud sebentar lagi? Menurut surat yang dikirim pada 27 Oktober 2022, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi pemekaran ini.

Dalam surat yang dikirim pada 27 Oktober 2022, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi pemekaran ini.

Provinsi baru Sumatera Tengah akan dibentuk dan melibatkan sejumlah kabupaten.

Baca Juga: Bukittinggi Peroleh Penghargaan atas Perlindungan Ketenagakerjaan Warga dari BPJS Ketenagakerjaan

Adapun tujuh Kabupaten yang keluar dari Provinsi Sumatera Barat sebagai berikut:

1. Kabupaten Dharmasraya
2. Kabupaten Sijunjung
3. Kabupaten Solok Selatan
4. Kabupaten Kuansing
5. Kota Kerinci
6. Kabupaten Muara Bungo
7. Kabupaten Sungai Penuh

Berdasarkan Surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah sudah diajukan kepada Presiden Jokowi pada tanggal 27 Oktober 2022 yang lalu, dengan nomor surat: 01/X/IPST-2022.

Baca Juga: Inovasi TP-PKK Pakan Labuah Bersiap Raih Prestasi di Lomba Gerakan PKK Sumbar 2024

Dan surat usulan provinsi baru itu ditandatangani Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar selaku Ketua Inisiator pembentuk Sumatera Tengah.

Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar sendiri diketahui selama ini sebagai salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Diantara isi surat ditujukan kepada Presiden Jokowi itu menyebutkan ‘Usulan ini kami ajukan untuk mewujudkan daya saing masyarakat pada 7 Kabupaten dan Kota yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi’.

Baca Juga: TP-PKK Pakan Labuah Mewakili Bukittinggi dalam Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2024

Diketahui jika Provinsi Sumatera Tengah sebelumnya pernah ada pada tahun 1950-1957.

Dan wilayah dari Provinsi Sumatera Tengah saat itu meliputi Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat