bdadinfo.com

Sukseskan Kalimantan Timur! Progres Konstruksi Pembangunan Ribuan Rusun Kementerian IKN Bakal Jadi Termegah, Kapan Beroperasi? - News

Rusun ASN, Kaltim (Freepik )

- Proyek strategis nasional yang saat ini tengah fokus dalam tahap pengerjaan Ibu Kota Nusantara (IKN) terletak di Kab. Penajam Paser Utara. 

Sementara ini terdapat 34.000 hektare lahan di IKN yang telah dapat dibeli dengan puluhan ribu hektare lahan itu namun tidak gratis. 

Progres proyek Rusun ASN di IKN rata-rata telah mencapai 40 persen saat ini progres yang tengah berlangsung masuk ke tahap I akan rampung Juli 2024.

Baca Juga: 65 Putra-Putri Terbaik Padang Panjang Terpilih jadi Anggota Paskibaraka

Otorita IKN memiliki tanggung jawab untuk memastikan operasionalisasi pengelolaan rusun yang telah dibangun Kementerian PUPR.

Agar terciptanya ekosistem kecil lingkungan permukiman yang layak huni dengan segala sarana prasarana penunjang aktivitas penghuni di IKN.

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," tutur Danis.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Selesai Juli 2024 oleh Kementerian PUPR, Pembebasan Lahannya Kok Masih Belum 100 Persen Juga?

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, Pemerintah Indonesia ingin para ASN dan Hankam nantinya akan bertugas di IKN Nusantara dapat tinggal di hunian yang layak.

“Kami membangun Rusun dengan desain bangunan hijau, dan tentunya unit hunian yang nyaman karena dilengkapi dengan meubelair di dalamnya jadi ASN tinggal masuk membawa pakaian dan peralatan seperlunya," ujar Iwan.

Baca Juga: Kalah di Babak Semifinal Piala Asia U-23 2024, Erick Thohir Semangati Timnas Indonesia Agar Tetap Bisa Lolos ke Olimpiade Paris

Dalam pameran tersebut, para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung rancangan visual Rusun ASN dengan skala perbandingan 1:1 (dalam bentuk asli). 

Setiap unit hunian termasuk dari living room, kitchen, service area, 3 kamar tidur, dan 2 kamar mandi. 

"Secara rata-rata progres pembangunannya mencapai 40 persen," ujar Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat