bdadinfo.com

Papua Barat Super Kaya! Punya Harta Karun yang Tersembunyi di Perut Bumi Teluk Bintuni yang Banyak Diincar Pihak Asing - News

Pusat pertambangan LNG Tangguh di Papua Barat memiliki cadangan gas alam sekitar 500 miliar meter kubik, yang tersembunyi di dalam perut bumi.

 - Papua Barat atau Irian Jaya Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di barat laut Provinsi Papua Tengah dan sebelah timur Provinsi Papua Barat Daya.

Wilayah Papua Barat mencakup Semenanjung Doberai, Semenanjung Bomberai, dan Wandamen. Ibu kota provinsi ini terletak di Manokwari.

Provinsi Papua ini dimekarkan dari Provinsi Papua melalui Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999.

Pada awalnya pembentukan provinsi ini mendapatkan penolakan dari masyarakat sehingga implementasi dari pemekaran ini baru dilaksanakan melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2003.

Baca Juga: Kereta Mak Itam Sang Pejuang Bisu yang Mengangkut Harta Karun Emas Hita, di Sawahlunto Demi Kepentingan Penjajah Belanda

Walaupun pada 11 November 2004 Mahkamah Konstitusi menyatakan bahwa dasar hukum pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat.

Sudah tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat, namun keberadaan provinsi ini dinyatakan tetap sah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007, nama Irian Jaya Barat diubah menjadi Papua Barat.

Papua Barat sebagai pemekaran dari Provinsi Papua merupakan provinsi yang memiliki status otonomi khusus.

Baca Juga: Soal Asesmen Bab 1 Perubahan Sosial dan Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 12 Halaman 35-41 Kurikulum Merdeka

Pada rapat paripurna tanggal 17 November 2022, Undang-undang pemekaran Provinsi Papua Barat Daya dari Papua Barat disahkan oleh DPR RI

Provinsi Papua Barat terdiri dari 7 kabupaten, 86 kecamatan, 21 kelurahan, dan 803 kampung dengan total luas wilayah 64.134,66 km².

Papua Barat, sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Papua dengan ibukota Manokwari,

Telah menjelma menjadi salah satu pusat utama  pertambangan dan pengolahan gas alam cair terbesar di Indonesia, yang terletak di Teluk Bintuni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat