bdadinfo.com

Bendungan Tiu Suntuk Diresmikan Hari Ini, Proses Pembangunan Habiskan Anggaran Rp 1,4 Triliun - News

Jokowi resmikan pembangunan Bendungan Tiu Suntuk

- Telah diresmikan Bendungan Tiu Suntuk yang dilaksanakan pada Kamis, 2 Mei 2024 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melansir BWS Nusa Tenggara I, Bendungan Tiu Suntuk terletak di Desa Mujahiddin, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi NTB. Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung sebesar 55,9 juta m3 dan luas genangan 312,09 Ha.

Bendungan Tiu Suntuk ini nantinya akan mampu menyuplai air baku sebesar 68 liter/detik dan menyuplai air daerah irigasi seluas 1.900 Ha yang mencakup wilayah Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene.

Baca Juga: Dortmund vs PSG: Kalah dengan Menyesakkan, Les Parisiens Bertekad Balaskan Dendam di Paris Pada Leg Kedua Liga Champions 2023/2024

Kedua kecamatan tersebut dinilai memiliki lahan pertanian yang cukup luas, namun sebagian besar lahannya mengalami kekurangan suplai air

Dikutip dari Sekretariat Presiden, dalam acara peresmian tersebut Presiden Jokowi menyampaikan, dengan keberadaan bendungan tersebut ia meyakini dapat mendukung produktivitas pertanian, suplai baku, sekaligus mereduksi banjir di sekitar Sumbawa Barat.

“Kapasitasnya 60,8 juta meter kubik, akan menampung air sebanyak itu, besar sekali, dan manfaatnya untuk irigasi 1.900 hektar, untuk air baku 680 liter per detik, dan juga bisa mereduksi adanya banjir di sekitar Sumbawa Barat,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ludes di 5 Kota, Viral Calo Jual Tiket Konser Sheila On 7 Sentuh Angka Rp7 Juta, Ternyata Cuma Segini Harga Aslinya

Lanjutnya, air merupakan faktor penting bagi masyarakat dalam sebagai kebutuhan pokok di kehidupan sehari-hari, sehingga pemerintah berupaya untuk memenuhi kebutuhan air, salah satunya dengan melakukan pembangunan bendungan di berbagai daerah di tanah air.

“Sekali lagi air menjadi sangat penting bagi kehidupan kita utamanya di NTB, baik itu untuk pertanian, baik itu juga untuk air baku, air minum kita,” ujar Presiden Jokowi.

“Pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB paling banyak. Dan, Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar,” lanjutnya.

Baca Juga: Soal Penilaian Akhir Semester dan Kunci Jawaban SKI Kelas 6 Halaman 63-67 Kurikulum Merdeka: Wali Songo Termasuk Maulana Malik Ibrahim

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi.

Bendungan Tiu Suntuk merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) dalam mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan di Provinsi NTB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat