bdadinfo.com

Euforia Kemenangan Aceh! Progres Konstruksi Pembangunan Bendungan Multifungsi dan Pertama di Kabupaten Inilah, Lokasinya... - News

Bendungan Kreukuto Aceh  (Freepik)

- Euforia kemenangan provinsi Aceh mengenai pembangunan mega proyek strategis nasional tengah berjalan, salah satunya Bendungan Keureuto.

Pembangunan yang tengah berjalan tersebut dinamakan ”Bendungan Keureuto” berlokasi di Gampong Blang Pante, Payo Bakong Aceh Utara.

Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah meninjau kemajuan pekerjaan pembanguan Bendungan Keureuto di Aceh Utara pada Selasa 30 April 2024.

Baca Juga: PSSI Dikabarkan Akan Melaporkan Shen Yinhao Wasit AFC U-23 Indonesia VS Uzbekistan, Ini Tuntutannya

Waduk yang telah dibangun sejak 2015 silam dengan anggaran capai Rp2,3 triliun terletak pada areal genangan seluas 896,38 hektare. 

Kunjungan Bustami Hamzah ke lokasi salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Aceh itu, disambut oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera 1.

Terlebih Bendungan Keureuto sebelumnya kembali beraktivitas pasca terhambat akibat pembebasan lahan di Kabupaten Aceh Utara.

Baca Juga: Belum Juga 100 Persen, Masalah Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Rupanya Tak Diam di Tempat: Sudah di Tahap… 

Dilokasi proyek tersebut, Bustami terlihat fokus dan serius mendengarkan paparan dari pihak pelaksana dan menangani layout pengerjaan. 

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza menyampaikan, dari hasil pantauan di lapangan pada Kamis 23 Maret 2023.

Pengerjaan bendungan utama (main dam) yang sempat terhenti kini sudah ada pengerjaan di lapangan saat ini progresnya mencapai 90 persen. 

Baca Juga: Disumpah Menjadi WNI, Maaretn Paes Siap Berjuang Bawa Timnas Indonesia Ke Piala Dunia 2026 Mendatang!

Dimana nantinya manfaat dari main dam ini dapat menyalurkan air irigasi seluas 9.420 Ha, mampu menampung 30,39 juta meter kubik. 

Mampu menampung 30,39 juta meter kubik air banjir serta mampu menghasilkan 6,34 MW Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat