bdadinfo.com

Keren! Tak Cukup Dibangun Hingga Rampung dan Bisa Beroperasi, Jalan Tol di Sumatera Utara ini Saking Bagusnya sampai Dijadikan Proyek Percontohan - News

Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan di Sumatera Utara ini menjadi proyek percontohan di Indonesia. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Instagram: PUPR_BPJT)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menjadi salah satu fokus utama sejumlah daerah.

Selain menjadi salah satu proyek penting bagi daerah-daerah di pulau Sumatera karena kehadirannya yang dapat meningkatkan konektivitas jalan di daerah.

Jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera ini juga menjadi salah satu proyek prestisius bagi masing-masing daerah itu sendiri.

Baca Juga: Mantap! Proyek Jalan Tol Rimbo Panjang-Muara Fajar di Provinsi Riau Siap Dieksekusi, Begini Progres Terkininya

Salah satu cerita menarik datang dari Provinsi Sumatera Utara yang juga menjadi salah satu daerah yang memiliki sejumlah proyek jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Satu ruas jalan tol di Sumatera utara ini tidak hanya beroperasi sebagai salah satu jalan penghubung melainkan juga memiliki kualitas yang patut diacungi jempol.

Bahkan jalan tol di Sumatera Utara ini menjadi salah satu proyek percontohan bagi pembangunan jalan tol modern lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Sebentar Lagi Jokowi Lengser, Riau Si Anak Emas Presiden Gerak Cepat Mulai Pembangunan Proyek Jalan Tol Terbaru: Start Tahun 2024?

Adapun proyek jalan tol percontohan di Sumatera Utara yang dimaksud adalah Jalan Tol Binjai Pangkalan Brandan.

Jalan Tol Binjai Pangkalan Brandan yang memiliki panjang 58 kilometer ini diketahui menerapkan konsep green construction.

Pelaksanaan green construction ini merupakan bentuk penerapan dari Peraturan Menteri PUPR No. 9 Tahun 2021 mengenai konstruksi berkelanjutan.

Baca Juga: Jalan Terjal Pemprov Sumbar Raih Dana dari Pusat Berbuah Manis, Ratusan Miliar Akhirnya Disuntikkan dan Bertambah Rp143 Miliar dari Tahun Sebelumnya

Upaya tersebut diharapkan dapat menjamin proses konstruksi yang ramah lingkungan dan juga berdampak terhadap keberlanjutan konstruksi.

Pembangunan Jalan Tol Binjai Pangkalan Brandan mengacu pada konsep konstruksi hijau dan telah mengimplementasikan empat belas kriteria konstruksi berkelanjutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat