bdadinfo.com

Progres Pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII 78 Persen, Ditargetkan Selesai Bulan Juli - News

Progres Pembangunan Pasar Raya Fase VII 78 Persen, Ditargetkan Selesai Bulan Juli (Humas Pemko Padang )

- Pasca groundbreaking pada 9 September 2023 lalu, pembangunan fisik gedung baru Fase VII Pasar Raya Padang saat ini sudah mencapai progres di kisaran angka 78 persen.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa kepada wartawan sewaktu meninjau pelaksanaan pembangunan gedung pasar yang sempat rusak parah akibat gempa tahun 2009 silam itu, Minggu, 12 Mei 2024.

“Alhamdulillah, progres pembangunan Pasar Raya Fase VII sudah dikisaran angka 78 persen. Insya Allah, sesuai target semoga dapat selesai dan diresmikan pada Juli 2024 ini," ungkap Hendri Septa.

Baca Juga: Dihadiri Genny Hendri Septa, Senam Jantung Sehat Padang Selatan Berlangsung Meriah

Wako Padang itu mengatakan, pembangunan gedung baru Fase VII merupakan harapan yang sudah cukup lama dinanti-natikan pedagang.

"Pembangunan gedung baru Fase VII ini merupakan aspirasi pedagang Pasar Raya Padang yang ditampung Pemko Padang. Upaya tersebut juga didukung Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade. Berkat perjuangan beliau yang gigih di pusat, akhirnya pasar ini dapat kembali dibangun melalui dukungan APBN," kata Hendri Septa.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang menambahkan, begitu selesai pembangunan Pasar Raya Fase VII, maka seluruh pedagang kaki li­ma (PKL) yang ada di sekitaran pasar raya yang su­dah didata Dinas Perdaga­ngan akan mengisi gedung tersebut.

Baca Juga: Seminar Parenting Sekolah Alam Ar Royyan, Wako Padang Hendri Septa Ajak Optimalkan Gadget untuk Kegiatan Positif

“PKL yang baru-baru kita tidak mau menerima lagi. Karena kita ingin membuat Pasar Raya Padang yang kondusif, tertib, rapi, nyaman dan terhindar dari kesemrawutan,” tambahnya.

Project Manager PT Adi Persada Gedung (APG), Eko Wahyudi selaku kontraktor pelaksana pembangunan Pasar Raya Fase VII, saat itu membenarkan bahwa progres pengerjaan pembangunan Fase VII sudah di kisaran angka 78 persen.

"Untuk gedung Pasar Raya Fase VII ini terdiri dari 4 lantai dengan bisa menampung sebanyak 304 unit kios, 650 unit lapak disertai areal parkir untuk 120 mobil dan 144 motor," sebut Eko.

Dia pun menyebut bahwa pihaknya menggunakan Semen Padang sebagai 80 persen material pembangunan gedung Fase VII.

"Kita menggunakan Semen Padang. Di samping produk lokal, juga karena memiliki kualitas unggulan di Indonesia bahkan dunia. Semoga bangunan gedung Fase VII ini kokoh," ujarnya.

Hadir mendampingi Wali Kota saat itu Sekda Andree Algamar bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, serta Kadis Perdagangan Syahendri Barkah dan sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat