bdadinfo.com

Terancam Punah! Hewan Asli dan Kesayangan Kalimantan Bakal Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Kawasan Yayasan Termegah, Lestarikan Suaka Indonesia? - News

Yayasan Fauna IKN, Kaltim  (Freepik)

- Mega proyek besar di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur sedang dalam tahap pengerjaan yang baru akan dimulai dalam waktu dekat. 

Pembangunan Yayasan Arsari Kembangkan Pusat Suaka Orangutan masuk dalam groundbreaking tahap 3 pada 20-21 Desember 2023. 

Dalam rangka melindungi orangutan, Otorita IKN menjalin kerja sama dengan Yayasan Arsari untuk mengembangkan Pusat Suaka Orangutan (PSO) di Pulau Kalawasan

Baca Juga: Bukti Nyata Jalan Tol di Riau Tak Pernah Sepi Kendaraan, 2 Ruas Tol Ini Jadi Favorit: Ratusan Ribu Kendaraan Memilih Akses Ini untuk Meninggalkan Kota

Pengembangan PSO yang bertujuan untuk menyediakan tempat perlindungan orangutan jantan dewasa dengan memberikan fasilitas dan pengelolaan.

Fasilitas dan pengelolaan yang memenuhi prinsip kesejahteraan satwa terutama untuk orangutan yang sudah ditetapkan. 

Orangutan yang telah ditetapkan tidak bisa dilepasliarkan ke habitat alaminya karena alasan tertentu dan jelas. 

Baca Juga: PUPR dan BUJT Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak, Menghubungkan Kawasan Strategis dan Mengatasi Banjir Rob di Semarang Timur

Kepala OIKN, Bambang Susantono mendukung niat baik kerja sama dengan Yayasan Arsari dalam mengembangkan PSO di Pulau Kalawasan.

Sementara, menjadikan Nusantara sebagai pusat pemerintahan negara yang sangat memperhatikan lingkungan.

“Orangutan merupakan salah satu spesies endemik Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan,” kata Bambang.

Baca Juga: Target Rampung Juni 2024, Kediri Bakal Sambut Jembatan Baru yang Dibangun Sejak Tahun 2017

“Meskipun Kawasan IKN bukanlah habitat alami dari orangutan, tapi kami sangat berkomitmen untuk mendukung perlindungan bagi orangutan,” ujar Bambang.

Dengan begitu dalam mewujudkan IKN forest city sebagai model pembangunan kota yang konsen pada carbon neutral city, biodiversity dan SDGs.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat