bdadinfo.com

Satu-satunya dari Sumbar, Guru SMP 2 Sutera Pesisir Selatan Ini Terpilih Menjadi Wasit Juri GAMMA World MMA Championship 2024 - News

Wawan Kurniawan, satu-satunya wasita juri MMA Pertacami asal Sumbar saat memimpin pertandingan Kejurnas MMA Pertacami yang digelar di Jakarta pada 8-11 Mei 2024 kemarin. (IST)

PADANG, - Wawan Kurniawan, yang merupakan mantan atlet pencak silat Sumatera Barat (Sumbar), baru-baru ini mendapat amanah sebagai wasit juri pada Kejuaraan Nasional MMA Pertacami (Pertarungan Campuran Indonesia) U-18 Piala Pertacami 2024 yang digelar di Jakarta, pada 8-11 Mei 2024. Dan, pria kelahiran Padang, 6 April 1987 itu, menjadi satu-satunya wasit MMA Pertacami asal Sumatera Barat.

Berkat kepiawainnya memimpin jalannya pertandingan kombat sport tersebut, guru olahraga SMP Negeri 2 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) itu, terpilih bersama 19 wasit MMA lainnya untuk dipersiapkan pada kejuaran GAMMA (Global Association Of Mixed Martial Arts) World MMA Championship 2024 yang akan digelar pada Desember mendatang.

"Kejuaraan GAMMA MMA Championship ini akan dilaksanakan pada Desember 2024 mendatang. Alhamdulillah, saya terpilih sebagai satu-satunya wasit asal Sumbar yang dipersiapkan untuk wasit Dunia GAMMA. Tentunya, ini sebuah kebangaan bagi diri saya pribadi dan juga bagi keluarga saya," kata Wawan saat dihubungi klikpositif via handphone, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Jalan Tol Getaci Ada Titik Terang! Dibangun Megah dengan 10 Simpang Susun: Tahap Pembebasan Lahan Saat Ini Sudah Sampai… 

Meski memiliki latar belakang sebagai mantan atlet Pencak Silat dengan sejumlah prestasi, bagi Wawan alasannya memilih menjadi wasit seni bela diri campuaran amatir sebagai jalan untuk mengembangkan diri dan bakat, karena olahraga pertarungan campuran ini tengah berkembang cukup pesat dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia.

Dia berharap, olahraga kombat sport ini bisa berkembang di Sumbar. Karena sampai saat sekarang ini, di Sumbar belum ada olahraga MMA Pertacami di bawah naungan GAMMA. Untuk itu, pemerintah daerah dapat mendukung perkembangan olahraga MMA Pertacami ini, supaya ke depannya akan lahir atlet MMA Pertacami yang akan mengharumkan nama Sumbar dan juga Indonesia di kancah dunia.

"Sekarang ini di Sumbar yang ada itu hanya MMA di bawah naungan KONI. Kalau MMA Pertacami di bawah GAMMA belum ada. Dan, saya sendiri satu-satunya wasit internasional MMA Pertacami di bawah Komite Olahraga Indonesia (KOI). Rencananya, dalam waktu dekat ini kami akan menggelar kejuaraan MMA Pertacami di Sumbar dengan tujuan untuk menjaring bibit atlet. Mudah-mudahan, Pemerintah daerah bisa mendukungnya," kata Wawan.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pariaman, KPU/Bawaslu dan Forkopimda Siap Sukseskan Pilkada 2024

Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) itu menceritakan bahwa olahraga beladiri, merupakan olahraga yang sangat digemarinya sedari dulu. Bahkan, selain Pencak Silat yang telah melambungkan namanya di kancah nasional, dia pun juga pernah menjadi atlet Tarung Drajat, Tinju, dan Muay Thai. Maka dari itu, kata dia, tentunya sangat mudah bagi dirinya untuk beradaptasi dengan olahraga MMA Pertacami.

"MMA Pertacami ini kan olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan. Dengan latarvbelakang beladiri yang pernah saya pelajari, tentunya memudahkan saya untuk beradaptasi dengan olahraga MMA ini. Alahamdulillah, tidak ada kesulitan. Bahkan waktu kejuaraan nasional, saya mempin lebih dari 10 pertandingan," pungkas alumni SMP Negeri 11 Padang ini. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat