bdadinfo.com

Jalan Tol Getaci Ada Titik Terang! Dibangun Megah dengan 10 Simpang Susun: Tahap Pembebasan Lahan Saat Ini Sudah Sampai…  - News

Jalan Tol Getaci Ada Titik Terang! Dibangun Megah dengan 10 Simpang Susun: Tahap Pembebasan Lahan Saat Ini Sudah Sampai…  (bpjt.pu.go.id)

– Sempat terhenti beberapa waktu, proyek pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) kembali dilanjutkan pemerintah.

Tol Getaci merupakan mega proyek jalan tol yang digadang-gadang menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol Getaci dibangun demi menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah lewat jalan bebas hambatan.

Baca Juga: Ambisi Besar Sumbar Lanjutkan Pembangunan Tol Sicincin-Bukittinggi Usai Ketuntasan Tol Padang-Sicincin dalam Waktu Dekat, Apa Latar Belakangnya? 

Sebelumnya, mega proyek ini sempat terkendala pembangunannya.

Kendati demikian, progres pengerjaan jalan tol tersebut sekarang sudah dalam tahap pembebasan lahan yang terus diupayakan oleh pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berhasil melakukan pembebasan lahan proyek dari Gedebage hingga Garut.

Baca Juga: Resmi Beroperasi Rabu, 15 Mei 2024! Dari Medan ke Kisaran Kini 2,5 Jam Lewat Tol Indrapura – Kisaran yang Sudah Tersambung Penuh: Berapa Tarifnya?

“Berprogres, saya mendapat kabar posisi terakhir pekan lalu proses pembebasan tanah untuk tol telah sampai Garut,” ujar Bambang.

Ia berharap bahwa seiring dengan progres yang positif tersebut, proses konstruksi tol Getaci sudah bisa dilakukan dari Gedebage ke Garut setidaknya pada tahun 2024 ini.

Di sisi lain, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya masih dalam tahap lelang proyek.

Baca Juga: Jalan Tol Penghubung Lampung-Sumatera Selatan Torehkan Rekor Sebagai Ruas JTTS Favorit, Rupanya Ini Alasannya Diminati Masyarakat Saat Musim Liburan

Adapun penentuan pemenang lelang proyek tol Getaci ditargetkan tahun ini.

Kendati diharapkan berjalan sesuai rencana, namun Basuki sendiri belum bisa memastikan kapan tepatnya pemenang lelang ini ditentukan dan mulai konstruksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat