bdadinfo.com

Nasib Sial! Proyek Jalan Tol Sumatera Selatan Dialihkan? Jalan Tol Kapal Betung Sang Primadona Gigit Jari Karena Terancam Batal Rampung Tahun Ini - News

Nasib Sial! Proyek Jalan Tol Sumatera Selatan Dialihkan? Jalan Tol Kapal Betung Sang Primadona Gigit Jari Karena Terancam Batal Rampung Tahun Ini

HARIAHALUAN.COM - Pembangunan mega proyek Jalan Tol Palembang Indralaya atau Palembang-Indralaya Toll Road adalah jalan tol yang dibangun di Sumatera Selatan.

Tol ini mempunyai panjang seluas 22 kilometer dan dibagi dalam tiga seksi Seksi 1 KTM Rambutan-Indralaya 10 km, Seksi 2 Pemulutan-KTM Rambutan 5 km dan Seksi 3 Palembang-Pemulutan 7 km.

Ruas Palindra menghabiskan dana sekitar Rp3,4 triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN), investasi swasta, dan pinjaman ke PT Hutama Karya sebagai kontraktor yang ditunjuk pemerintah. Pembangunan jalan tol ini membutuhkan lahan seluas 302 hektare.

Baca Juga: Sumbar Super Ribet! Mega Proyek Sirip Tol Padang Pekanbaru Gentayangan, Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Sejak 2018 Sampai Sekarang Terkatung-katung

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, membuka jalan dengan melakukan peletakan batu pertama jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) di Ogan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, pada tanggal 30 April 2015.

Tol Palindra adalah salah satu megaproyek Trans Sumatera. yang menelan dana investasi sebesar Rp 360 triliun dengan tahap awal ruas Palindra sepanjang 22 kilometer dan Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyono mengatakan, pembangunan ruas tol akan terintegrasi dengan pengembangan pelabuhan Merak-Bakaheuni. Jalan dari pelabuhan itu akan terkoneksi dengan Patunglaya hingga menuju pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) sebagai program Nawa Cita Presiden Jokowi tentang Tol Laut.

Pada tanggal 12 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ini dan pengguna jalan dapat menggunakannya secara gratis hingga akhir tahun 2017.

Fase Pertama Jalan Tol Palembang-Bengkulu merupakan Tol Palembang-Indralaya Pembangunan Jalan Tol Palembang – Indralaya menggunakan skema penugasan kepada BUMN yakni PT Hutama Karya melalui Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

PPJT untuk ruas tol ini telah ditandatangani pada 2015. Pada tahun yang sama Pemerintah juga memberikan dukungan berupa PMN kepada PT Hutama Karya untuk mendukung PT Hutama Karya memenuhi mandat penugasan ini.

Baca Juga: Blokade 70 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Jalur Gaza, Kardus Indomie Diinjak-Injak oleh Warga Israel

Struktur pendanaan ruas ini terdiri dari 70% ekuitas PT Hutama Karya (pemenuhannya didukung PMN) dan 30% adalah pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

DIALIHKAN KE PENGEMBANG BARU, PROYEK JALAN TOL DI SUMATERA SELATAN INI BISA TETAP JALAN DAN TIDAK MANGKRAK, RAMPUNG AKHIR TAHUN 2024

Nasib Sial! Proyek Jalan Tol Sumatera Selatan Dialihkan? Jalan Tol Kapal Betung Sang Primadona Gigit Jari Karena Terancam Batal Rampung Tahun Ini
Nasib Sial! Proyek Jalan Tol Sumatera Selatan Dialihkan? Jalan Tol Kapal Betung Sang Primadona Gigit Jari Karena Terancam Batal Rampung Tahun Ini
Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong salah satu proyek jalan tol di Sumatera Selatan.

Usaha Jalan Tol, pemerintah mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol baru di Sumatera Selatan di tahun 2024 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat