bdadinfo.com

Gagal Total! Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung Sepi Seperti di Tanah Wakaf, Bikin Jokowi Cemberut Malas Lanjutkan Mega Proyek Jalan Tol di Bengkulu - News

Diketahui terjadi penurunan jumlah pengendara yang melintasi tol Bengkulu Taba Penanjung ini cukup mengejutkan pihak pengelola jalan tol. Hal itu karena penurunan jumlah kendaraan sangat drastis.

HARIANHHALUAN.COM - Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Bengkulu–Lubuklinggau yang menghubungkan Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung Ruas ini merupakan pembangunan tahap pertama dari proyek tersebut.

Pembangunannya diawali dari Betungan, Selebar, Bengkulu menuju Sukarami, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah dengan panjang 17,6 kilometer. PT Hutama Karya menjadi pelaksana pembangunan yang ditargetkan rampung pada tahun 2022.

Baca Juga: Diam-Diam Jokowi Mencintai Sumatera Barat! Buktinya Proyek Jalan Tol Padang Sicincin Diguyur Dana Jumbo Rp9,8 T Demi Jalan Tol di Sumbar Cepat Rampung

Pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia. Pembangunan konstruksi yang mulai dikerjakan sejak September 2019 akhirnya selesai 100 persen pada April 2022.

Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung ini diuji coba gratis dari 26 April hingga 5 Mei 2022.

Setelah difungsikan selama 14 hari dari tanggal 26 April hingga 9 Mei 2022, Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung akan ditutup untuk penyelesaian uji layak fungsi (ULF).

Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung tersebut dapat digunakan dengan kecepatan 80 km/jam dan memiliki waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung yang sebelumnya memakan waktu sekitar satu jam.

Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung yang memiliki 21 jembatan, dua simpang sebidang dan satu buah simpang susun serta konstruksi yang membelah bukit dan menyeberangi lembah serta sungai.

Untuk jumlah jembatan dalam tol tersebut cukup banyak dan terdapat jembatan panjang dengan sembilan bentang sebanyak dua buah dengan total panjang jembatan masing-masing kurang lebih 300 meter.

Kemudian, untuk pembangunan Jalan Tol Bengkulu Lubuklinggau tahap kedua yaitu dari Taba Penanjung ke Kabupaten Kepahiang segera dimulai setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Juli 2023.

Pembangunan jalan tol tahap selanjutnya segera dilanjutkan secepatnya demi percepatan kemajuan Provinsi Bengkulu pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya sesuai dengan janji dan rencana saat kampanye Pilpres 2019. Jalan tol ini resmi difungsionalkan mulai 23 Desember 2022.

Baca Juga: Garang! Sumatera Selatan Terus Buru Proyek Jalan Tol Rangkaian JTTS Sepanjang 54 Km: Tahun 2025 Optimis Mulai Konstruksi?

Pemberlakuan tarif jalan tol sejak 12 Januari lalu membuat masyarakat enggan melewati tol. Jumlah pengendara bahkan menurun hingga hampir 40 persen.

Penurunan jumlah pengendara yang melintasi tol Bengkulu Taba Penanjung ini cukup mengejutkan pihak pengelola jalan tol. Hal itu karena penurunan jumlah kendaraan sangat drastis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat