bdadinfo.com

Baru Diresmikan! Tahun 2024 Hengkangnya Jokowi Bermanfaat Bagi Masyarakat Kabupaten di Sulawesi Tengah Disini, PLTA Seluas 615 MegaWatt? - News

PLTA Tertinggi, Sulteng (Unplash )

 

- Tak hanya dikenal dengan provinsi terbesar di Sulawesi, berhasilnya pemerintahan presiden Jokowi rampungkan bangunan PLTA Tertinggi. 

Perusahaan berbasis berada di Cileungsi, Bogor yang menargetkan untuk bangun tiga pembangkit listrik tenaga air di kawasan Poso, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Perkuat Koordinasi Pemulihan Pasca-Banjir Bandang, Presiden Jokowi Akan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat Hari Ini

Listrik yang berlokasi dari Pembangkit Poso 2 disalurkan ke Sulteng dan Selatan melalui jaringan transmisi yang dibangun perusahaan dan PT Perusahaan Listrik Persero. 

Namun sampai saat inilah perusahaan telah mengoperasikan PLTA yang berkapasitas 3x65 MegaWatt dinamakan PLTA Poso 2.

Dengan pasokan listrik dari PLTA tersebut masuk melalui sistem 150 kilovolt (kV) Papostas meliputi Pamona - Poso - Tambarana - Sidera. 

Baca Juga: Misteri Keangkeran Gunung Marapi: Kisah Nyata! Hitungan Ganjil Sungguh Menyeramkan Bagi Seorang Pendaki (Bagian.3)

Proyek PLTA yang dialirkan listrik juga masuk melalui jaringan 70 kV Palapas termasuk wilayah Palu-Donggala-Parigi-Sigi ikut tersalurkan. 

Direktur Poso Energy, Alimuddin Sewang menerangkan, PLTA tersebut mulai sebenarnya telah mulai beroperasi pada 2012. 

Dengan demikian pengaliran listrik yang baru bisa secara total pada 2016 setelah PLN merampungkan transmisi ke Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Saatnya Quality Time! Setiap Malam Jumat'an, TKW Cantik Indonesia Kerahkan Tenaganya Buat Majikannya Ketagihan dan Minta Tambah-tambah?

"Listrik dari sini akan dialirkan ke Sulawesi Tengah dan Selatan. Transmisi yang ke arah Palu itu yang bangun PLN, yang ke Sulsel itu Poso Energy," tutur Alimuddin di Poso. 

Presiden RI, Jokowi didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif meresmikan PLTA PT Poso Energy dengan kapasitas 515 MW. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat