bdadinfo.com

Sumatera Utara-Riau tanpa Jarak! Jalan Tol Trans Sumatera Getarkan Aspal Pekanbaru-Dumai, Sudah Meraup Untung Diserbu Pengendara - News

Jalan Tol Permai ini mulai dibangun pada bulan Juli 2017 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol PekanbaruDumai atau Jalan Tol Permai adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai yang berada di Riau.

Jalan Tol Permai ini mulai dibangun pada bulan Juli 2017 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020.

Jalan Tol Permai ini dibagi menjadi 6 seksi, yaitu:

Seksi 1 Pekanbaru-Minas 9,2 km
Seksi 2 Minas- Kandis Selatan 23,6 km
Seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara 17,45 km
Seksi 4 Kandis Utara - Pinggir 28,95 km
Seksi 5 Pinggir- Bathin Solapan 27,23 km
Seksi 6 Bathin Solapan-Dumai 25,05 km

Baca Juga: Tampil Menggila dalam Balapan Sprint MotoGP Catalunya 2024, Marc Marquez: Saya Tidak Percaya

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT. Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang Seksi Pekanbaru - Bangkinang-Pangkalan sepanjang 101 km, khususnya ruas Bangkinang-Pangkalan (61 km).

Sebelumnya ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 km) telah diresmikan Presiden Jokowi pada Januari 2023 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini tengah diselesaikan Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km.

Baca Juga: Jatuh Saat Balapan Sprint MotoGP Catalunya 2024, Raul Fernandez Mengaku Tetap Bangga

Dengan progres konstruksi saat ini sudah sebesar 94,42%. Ditargetkan April 2024, ruas Bangkinang - Koto Kampar bisa tuntas dan beroperasi penuh.

"Dengan tersambungnya ruas ini nantinya akan mengintegrasikan antara Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar dimana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan," kata Menteri Basuki.

Dikatakan Menteri Basuki, ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan wilayah Riau dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Penilaian Bab 4 Bagian 2 dan Kunci Jawaban Agama Buddha Kelas 4 SD Halaman 121 122 Kurikulum Merdeka

Konstruksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya - PT Hutama Karya dengan biaya investasi senilai Rp4,83 triliun.

Ke depan, jalan tol Pekanbaru-Dumai sebagai koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi akan tersambung dengan sirip/feedernya, yakni ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan hingga Padang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat