bdadinfo.com

Ibu Kota Nusantara Bersiap Sambut Hari Kemerdekaan ke-79, Siapkah Semua Berjalan Lancar? - News

Ibu Kota Nusantara siap sambut Hari Kemerdekaan ke-79

- Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah wilayah yang akan menjadi kota cerdas dan berkelanjutan di Kalimantan Timur.

Secara resmi bernama Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota masa depan Indonesia yang rencananya akan di resmikan pada 17 Agustus 2024, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-79 Indonesia.

IKN direncanakan akan menggantikan Jakarta yang telah menjadi ibu kota sejak 1961.

Baca Juga: Salam Perpisahan Bye-bye! PT Angkasa Pura 1 dan 2 Bubar Barisan! Siap Digantikan API Sebagai Pengelola Bandar Udara Terbesar ke-5 Dunia

Presiden Joko Widodo telah mentargetkan untuk peringatan hari ke merdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Undang-undang IKN disahkan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, setelah mendapat persetujuan aklamasi oleh para anggota rapat paripurna ke 13 DPR masa sidang 2021 - 2022 pada Selasa, 18 Januari 2022.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan dalam rapat kerja dengan pemerintah sebelumnya juga telah disepakati bahwa Ibu Kota Negara yang baru itu diberi nama Nusantara.

Baca Juga: Keberhasilan Atas Penerapan Merit dalam Manajemen ASN, Pemkab Pesisir Selatan Terima Penghargaan dari KASN

Dalam rapat kerja tersebut, delapan fraksi (PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP) serta Komite I DPD RI menyatakan menerima hasil pembahasan RUU tentang IKN dan melanjutkan pengambilan keputusan dalam rapat paripurna DPR RI.

Sedangkan fraksi PKS menolak hasil pembahasan RUU tentang IKN dan menyerahkan pengambilan keputusan dalam rapat paripurna DPR RI.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan ibu kota negara (IKN) merupakan sebuah lompatan besar untuk melakukan transformasi menuju Indonesia Maju.

Baca Juga: Andre Rosiade Sepakat Pernyataan Prabowo Soal Uang Kuliah Digratiskan

IKN akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia dan mencerminkan identitas nasional.

Saat ini IKN tengah memasuki proses pembangunan dan diharapkan di masa mendatang memberikan efek yang baik bagi bisnis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat