bdadinfo.com

Berprasangka Baik! Progres Konstruksi Proyek Tempat Pengolahan Sampah IKN Terpadu Bakal Jadi Termegah Se-Indonesia di Kalimantan Timur - News

Proyek TPST IKN, Kaltim  (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis nasional di Kalimantan Timur perihal Ibu Kota Nusantara sedang fokus dilaksanakan yang ditargetkan rampung pada 1 Agustus 2024. 

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN mulai dibangun pada tahun 2023 yang masuk ke dalam progres pengadaan lahan secara Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementeria! PUPR, pagu anggaran TPST 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN ialah Rp 463,1 miliar.

Baca Juga: Kalimantan Timur Merdeka Sepeninggalan Jokowi! Jadi Ibu Kota Super Megah dan Kaya Raya Punya Pulau Harta Karun yang Berlimpah-limpah

Seusai melalui proses tender, PT Brantas Abipraya Persero yang ditetapkan menjadi pemenang tender dengan biaya penawaran sebesar Rp456 miliar.

Selain kebijakan itu juga dilakukan sosialisasi gaya hidup minim sampah di IKN, utamanya di lokasi konstruksi," ujar Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna A. Safitri.

Keterangan Deputi Myrna, persoalan persampahan bukan semata urusan kebijakan dan teknologi.

Baca Juga: Soal Penilaian Bab 5 dan Kunci Jawaban Agama Buddha Kelas 4 SD Halaman 150-152 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Namun terkait persoalan gaya hidup yang harus berubah dimulai dari individu, keluarga, lingkungan kantor dan masyarakat. 

"Setiap orang yang beraktivitas dan berkunjung ke IKN perlu mengubah cara pandang terhadap perilakunya,”

“Sedapat mungkin mengurangi produksi sampah dan mendorong daur ulang," tegas Myrna.

Baca Juga: Jokowi Meninggalkan Hutang Besar ke Sumbar! Proyak Jalan Tol Si Anak Tiri Sumbar Masih Terkatung-katung Malah Meninggalkan PR Besar Bagi Sumbar

Skema pengolahan air limbah IKN Nusantara yang menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR).

Dimana air limbah domestik dapat dialirkan melalui jaringan perpipaan menuju IPAL untuk diolah secara terpadu dengan TPST sehingga menghasilkan influen memenuhi persyaratan bakumutu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat