bdadinfo.com

Riau Jadi Anak Emas Jokowi! Tak Cukup dengan Peresmian Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar, Juga Dapat Inpres Jalan Daerah Rp369 Miliar - News

Riau Jadi Anak Emas Jokowi! Tak Cukup dengan Peresmian Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar, Juga Dapat Inpres Jalan Daerah Rp369 Miliar (setneg.go.id)

 - Indonesia terus memacu pembangunan infrastrukturnya, mewujudkan mimpi konektivitas yang menghubungkan seluruh penjuru negeri, salah satunya di Provinsi Riau.

Pada hari Jumat, 31 Mei 2024 lalu, Presiden Joko Widodo resmikan dua proyek infrastruktur penting di Provinsi Riau.

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Mantap! Habiskan Dana Rp4,8 Triliun, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Resmi Selesai Pembangunannya

Pertama, proyek jalan Tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24,7 km yang menjadi salah satu rangkaian Jalan TOl Pekanbaru Padang Seksi Bangkinang Pangkalan Tahap I.

Pembangunan jalan tol ini menelan biaya sebesar Rp 4,8 triliun merupakan tonggak penting dalam penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Lamanya waktu penyelesaian jalan tol ini yaitu sekitar 5 tahun, dimulai sejak tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Akhirnya Rampung, Perjalanan Riau Sumatera Kini Semakin Cepat, Kapan Mulai Beroperasi?

"Ini adalah sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung, dan nanti akan sampai dari Pekanbaru sampai ke Kota Padang", ujar Jokowi dalam sambutannya.

Kedua, Presiden Jokowi juga meresmikan sepuluh ruas jalan daerah di Provinsi Riau yang baru-baru ini telah diperbaiki melalui Program Inpres Jalan Daerah (IJD).

Total panjang jalan daerah yang diperbaiki melalui program IJD ini mencapai 63 kilometer.

Adapun total biaya yang digunakan untuk merampungkan mulusnya jalan daerah yang berada di Provinsi Riau ini mencapai Rp 369 miliar.

Presiden Jokowi berpesan kepada gubernur, bupati, dan walikota di Riau agar jalan tol dan jalan daerah yang telah selesai ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ia menyebutkan bahwa jalan tol ini dapat meningkatkan konektivitas kawasan produktif, seperti kawasan pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat