bdadinfo.com

Mantap! Habiskan Dana Rp4,8 Triliun, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Resmi Selesai Pembangunannya - News

Mantap! Habiskan Dana Rp4,8 Triliun, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Resmi Selesai Pembangunannya (bjpt.pu.go.id )

 - Baru-baru ini Riau dan Sumatera mendapatkan kabar gembira bagi para pengguna jalan yang ingin melakukan perjalanan antar provinsi.

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24,7 km, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah resmi selesai pembangunannya.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Jumat, tanggal 31 mei 2024 lalu.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Akhirnya Rampung, Perjalanan Riau Sumatera Kini Semakin Cepat, Kapan Mulai Beroperasi?

Pembangunan jalan tol ini diketahui menelan dana investasi sebesar Rp 4.833 miliar atau sekitar 4,8 triliun.

Dengan dana yang fantastis tersebut, pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat di kedua provinsi tersebut.

Jalan til ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru Bangkinan yang telah beroperasi sebelumnya.

Baca Juga: Resmi Beroperasi! Riau dan Sumatera Bahagia Setelah 5 Tahun Penantian, Akhirnya Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Rampung

Dengan selesainya ruas Bangkinang Koto Kampar, total jalan tol yang beroperasi di Riau sekarang mencapai 186,7 km yang terdiri dari 3 ruas jalan tol.

Tiga ruas jalan tol tersebut diantaranya adalah jalan tol Pekanbaru Dumai sepanjang 131 km, jalan tol Pekanbaru Bangkinang sepanjang 31 km, dan jalan tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24,7 km.

Diharapkan, jalan tol ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Riau, khususnya di Kabupaten kampar dan mempercepat mobilitas di daerah tersebut.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar jalan tol ini dapat terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, hingga pariwisata.

"Sehingga betul-betul ada manfaatnya bagi masyarakat dan juga mobilitas orang dan mobilitas barang lebih cepat sehingga bisa bersaing dengan negara lain," ujar Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari bpjt.pu.go.id, pembangunan jalan tol ini memakan waktu sekitar 5 tahun, dengan pembebasan lahan dimulai pada Mei 2019.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat