bdadinfo.com

Asyik! Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Akhirnya Rampung, Perjalanan Riau Sumatera Kini Semakin Cepat, Kapan Mulai Beroperasi? - News

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Akhirnya Rampung, Perjalanan Riau Sumatera Kini Semakin Cepat, Kapan Mulai Beroperasi? (bjpt.pu.go.id)

 - Kabar gembira bagi para pengguna jalan yang ingin melakukan perjalanan antar provinsi, khususnya Riau Sumatera.

Diketahui bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo, baru saja meresmikan pembangunan salah satu ruas jalan di tol Pekanbaru Padang.

Adapun ruas jalan tersebut adalah Pangkalan Seksi Bangkinang ke XIII Koto Kampar dimana ruas jalan ini merupakan salah satu bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga: Resmi Beroperasi! Riau dan Sumatera Bahagia Setelah 5 Tahun Penantian, Akhirnya Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Rampung

Peresmian tersebut dilakukan oleh Jokowi pada hari Jumat, 31 Mei 2024 yang lalu.

Jalan tol yang menghubungkan dua pulau yakni Riau dan Sumatera ini memiliki panjang total 24,7 km, yang menjadi sirip dari JTTS.

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini disebut menghabiskan dana investasi senilai Rp.4.833 miliar, dengan harapan jalan tol ini nantinya akan menyambungkan jalan tol hingga ke Pekanbaru dan Padang.

Baca Juga: Balapan Sprint MotoGP Italia 2024: Bagnaia Menang Sprint Lagi, Martin Rusak Kesempatan Emas

Perjalanan penyelesaian pembangunan jalan tol ini dapat dibilang sangat panjang, yakni memerlukan waktu kurang lebih 5 tahun.

Berdasarkan informasi dari situs resmi bpjt.pu.go.id, pembebasan lahan untuk jalan tol ini dimulai pada bulan Mei tahun 2019.

Jalan tol ini adalah kelanjutan dari jalan tol Pekanbaru Bangkinan dengan total ruas panjang jalan mencapai 31 km yang telah diresmikan sebelumnya dan mulai beroperasi pada 4 Januari 2023 lalu.

Jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat yang berada di Kota Pekanbaru dan Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, jalan tol ini juga dipercaya akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yang tinggal di Provinsi Riau, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengatakan bahwa jalan tol ini dapat memudahkan akses ke kawasan pariwisata yang terdapat di Sumatera Barat seperti Candi Muara Takus dan yang lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat