bdadinfo.com

Tunggulah Tanggal Mainnya! Akhirnya Segera Dimulai Konstruksi Pembangunan Jembatan Terpanjang Setelah Berabad Tahun, Kapan Beroperasinya - News

Proyek Revitalisasi Jembatan Tertua  (Freepik)

- Rencana konstruksi pembangunan Jembatan tertua di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah inilah akan segera dimulai pengerjaan proyeknya.

Pembangunan Jembatan Karangsambung, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saat ini masih menunggu verifikasi. 

Kepala Dinas PUPR Kudus Arif Budi Siswanto mengatakan, belum diverifikasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga: Waduh Info Baru! Mundurnya Bambang Susantono Eks Pimpinan IKN Jadi Topik Perbincangan Hangat, Diutamakan Jokowi Lebih Dahulukan Urusan Inilah...

Adapun keterangan resmi dari Kementerian PUPR, pembangunan jembatan sepanjang 80 meter ialah penghubung antara Desa Bae dengan Besito itu dibangun tahun 2024.

Perihal untuk pembebasan lahannya akan diminimalkan, sehingga dalam pembangunan jembatannya nanti langsung dikerjakan.

Pemkab Kudus telah mengusulkan bantuan keuangan untuk proyek Jembatan Karangsambung kepada pemerintah pusat sejak 2008 tapi belum berhasil.

Baca Juga: Inovasi Keselamatan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Siap Melayani Pengguna Jalan

Akhirnya, Kementerian PUPR menyetujui usulan Pemkab Kudus karena keuangan daerah tidak dapat menanggung biaya pembangunan.

Biaya pembangunan karena jembatan dengan lebar 3m dengan panjang 80m yang diperkirakan membutuhkan anggaran Rp40an miliar.

Agar bisa dilewati kendaraan dari dua arah, maka lebar jembatan ditingkatkan menjadi 7 meter, sehingga digunakan untuk mobil dari dua arah.

Baca Juga: Konjungsi dalam Teks Deskripsi, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 15 Kegiatan 6 Kurikulum Merdeka

Didapati kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ke tanggul Sungai Wulan, perbatasan Kudus dengan Demak yang jebol pada Februari 2024 karena banjir bandang. 

Jembatan yang memiliki ukuran lebar kurang lebih tiga meter tersebut, mobil lewat harus menunggu sepi terlebih dahulu yang dulunya menjadi jalur lintasan kereta api.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat