bdadinfo.com

Keistimewaan Sulteng! Bukan Hanya Provinsi Terbesar, Dikejutkan Penemuan Hidrogen Alami Bakal Hadirkan Sumber Energi Lebih Besar dan Atasi Kekeringan - News

Penemuan Hidrogen Alami di Sulteng  (Freepik)

- Beredar informasi baru bahwa Provinsi Sulawesi Tengah menemukan Hidrogen alami yang digadang bakal hadirkan sumber energi lebih besar. 

Pasalnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru menemukan adanya sumber hidrogen alami di wilayah Indonesia bagian timur.  

Bertepatan berada di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang memiliki sebaran batuan ultramafik sangat luas di Indonesia.

Baca Juga: Georgia Baru Ikut Piala Eropa Langsung ke 16 Besar, Khvicha Kvaratskhelia Ungkapkan Rasa Bangganya

Kepala Pusat Survei Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM Edy Slameto menyatakan, Badan Geologi pada tahun 2023 melakukan survei pendahuluan di daerah One Pute Jaya. 

Dengan Kabupaten Morowali, dan Tanjung Api, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah untuk mendeskripsikan didapati potensi hidrogen alami.

Hasil survei tersebut bukan hanya mengejutkan namun mencuat kabar baik bagi masa depan energi bersih.

Baca Juga: Efisiensi Waktu dan Navigasi MTQ Nasional Agam XLI, Dinas Kominfo Agam Petakan Lokasi

“Tidak seorangpun yang menyangka bahwa api abadi Tanjung Api yang telah dicatat oleh Belanda pada tahun 1869 [sebelumnya dinamai ‘Kaap Api’] dan lokasi pemandian air,”

“Panas yang biasa dikunjungi untuk berwisata ini menyimpan bukti kemunculan hidrogen alami di permukaan,” tutur Edy pada Rabu 26 Juni 2024.

Edy mengatakan, bahan bakar hidrogen merupakan bahan bakar revolusioner karena potensinya untuk menyiapkan sumber energi.

Baca Juga: Hasil Undian Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Telah Diumumkan, Timnas Indonesia Bakal Kesulitan?

Menyediakan bersih tanpa menghasilkan emisi gas rumah kaca yang dapat merusak lingkungan.

Namun ditemukannya produksi hidrogen konvensional sering kali mahal dan memerlukan konsumsi energi yang besar. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat