bdadinfo.com

Pengamat Politik Unand Sebut Andre Rosiade Lebih Mampu Bangun Kolaborasi dengan Bupati/Walikota di Sumbar - News

Pengamat politik Unand menyebut Andre Rosiade lebih mampu membangun kolaborasi dengan Bupati/Walikota di Sumbar.

Keseriusan Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade dalam membangun Sumbar sudah sangat teruji.

Hal itu terlihat saat Andre berkeliling Sumbar Jumat dan Sabtu (16 dan 17/6/2023).

Andre mendatangi Tanah Datar, Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang untuk memastikan warga mendapatkan sinyal telekomunikasi, aliran listrik, gas elpiji 3 Kg bersubsidi dan beasiswa untuk siswa kurang mampu.

Baca Juga: Perjuangkan Sinyal, Listrik dan Gas, Andre Rosiade Solusi untuk Sumbar

Apa yang dilakukan Andre Rosiade selama dua hari itu dicermati dari lain sisi oleh pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Ilham Adelino Azre.

Dia melihat, kunjungan Andre ke setiap Kabupaten dan Kota kemarin, selalu didampingi oleh kepala daerah, baik di Tanahdatar, Bukittingi, Padangpanjang dan Padang.

Hal ini agak berbeda dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi yang banyak dikeluhkan, karena kurang melibatkan Bupati dan Wali Kota saat datang ke daerah.

Realitas yang terjadi atas peran Gubernur selaku wakil pemerintah dalam melaksanakan fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan terhadap Kabupaten dan Kota terkesan terjadi ketidakharmonisan.

“Beberapa analisis menyebutkan hal tersebut terjadi karena perbedaan partai politik yang menaungi Kepala Daerah tersebut, sehingga menyulitkan Gubernur dalam melaksanakan perannya dalam koordinasi, kolaborasi dan sinergi pembangunan dengan Bupati dan Wali Kota,” kata peneliti Spektrum Politika Institute ini, Minggu (18/6/2023) sore.

Baca Juga: Andre Rosiade: Pemilu Sistem Terbuka, Masyarakat Terwakilkan

Katanya, sinyalemen ini dapat dilihat ketika tidak hadirnya Bupati/Walikota dalam beberapa kunjungan Gubernur ke daerah dan ketidahadiran Bupati/Walikota dalam Rakor yang diadakan oleh Pemprov Sumbar.

Namun hal sebaliknya Bupati/Walikota cenderung hadir dalam mendampingi kegiatan Anggota DPR RI Andre Rosiade, walaupun juga berbeda Partai. Andre dari Gerindra, Eka Putra Demokrat, Fadly Amran NasDem, Hendri Septa PAN, dan Erman Safar Gerindra.

“Kolaborasi dan sinergi dalam membangun Sumbar ini ditunjukkan Andre Rosiade sebagai anggota DPR RI ketika berkunjung dan membawa program ke daerah, dan juga membawa Bupati/Wako se-Sumbar dalam melakukan lobby atau kunjungan ke beberapa Kementerian untuk percepatan pembangunan di Sumbar,” kata kandidat Doktor Ilmu Politik ini.

Azre menyebut, politik kebersamaan yang dijalankan Andre Rosiade dengan beberapa kepala daerah di Sumbar merupakan perwujudan atau ekspresi dari sikap saling percaya (mutual trust).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat