bdadinfo.com

Pemko Padang Panjang Imbau Penyembelihan Kurban Usai Peserta Laksanakan Salat Id - News

Rapat Persiapan Iduladha, di Hall Lantai III Balai Kota, Senin (19/6). (Kominfo Padang Panjang)


PADANG PANJANG, -- Perayaan Iduladha kembali dilaksanakan berbeda antara Muhammadiyah dengan Pemerintah. Pemko Padang Panjang mengimbau kepada panitia kurban di seluruh masjid untuk penyembelihan hewan kurban usai seluruh peserta melaksanakan Salat Id.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat melaksanakan Rapat Persiapan Iduladha, di Hall Lantai III Balai Kota, Senin (19/6).

Pemerintah Pusat sudah memutuskan pelaksanaan Iduladha ditetapkan pada Kamis, 29 Juni. Sedangkan Muhammadiyah juga sudah menetapkan pada Rabu, 28 Juni.

Baca Juga: SBY Mimpi, Ia Bersama Jokowi dan Megawati Dibelikan Tiket Kereta sama Presiden RI ke-8, Siapa Ya?

Sonny menyampaikan, walaupun terjadi perbedaan waktu pelaksanaan Salat Id, namun Pemko akan tetap melaksanakan pada Kamis (29/6).

"Walaupun waktu pelaksanaan salat berbeda, kepada pengurus masjid dan panitia kurban kami imbau memastikan seluruh peserta kurban menggelar salat sebelum pelaksanaan kurban dilakukan. Karena jika terjadi salat sesudah penyembelihan, maka peserta kurban tersebut tidak sah berkurban," ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika yang melaksanakan Salat Id pada Rabu hanya sedikit, kemungkinan besar pelaksanaan Salat Iduladha pada Kamis digelar di Lapangan Banca Laweh. Jika sebaliknya, akan digelar di Masjid Islamic Center.

Baca Juga: Desta dan Natasha Rizki Hari ini Resmi Cerai! Tidak Ada Pembagian Harga Gono Gini dan Hak Asuh Anak

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang Panjang, Drs. H. Alizar, M.Ag menyampaikan, perbedaan dalam penetapan Iduladha ini sudah biasa terjadi.

“Ini juga sudah kita rasakan pada Idulfitri yang lalu. Itu tergantung kita mengikuti yang mana,” tuturnya.

Ikut hadir Kepala Dinas Perhubungan, Arkes Refagus, S.Sos, perwakilan Polres, PDAM, pengurus masjid dan lainnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat