bdadinfo.com

Jembatan Gantung Terpanjang Desa Nagari Tabek Sarojo, Icon Kampung Crazy Rich di Sumatera Barat - News

Jembatan Gantung Terpanjang Desa Nagari Tabek Sarojo Jadi Icon Kampung Crazy Rich di Sumatera Barat

 - Siapa sangka Jembatan Gantung Terpanjang Desa Nagari Tabek Sarojo Jadi Icon Kampung Crazy Rich di Sumatera Barat.

Di mana jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti, sungai rel kereta api ataupun jalan Raya, seperti yang ada di Desa Nagari Tabek Sarojo.

Jembatan gantung terpanjang Desa Nagari Tabek Sarojo ini juga dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki kendaraan atau kereta api.

Di atas halangan jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan trafficlause.

Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut sebuah kampung di Sumatera Barat Sumbar menjadi terkenal.

Lantaran kekayaan alamnya yang melimpah tak hanya sumber daya alam bahkan Kampung ini sampai dijuluki crazy rich-nya Sumatera Barat

Lantaran anggaran dan fasilitas yang dimiliki Kampung tersebut juga diakui sebagai desa terindah baik secara nasional maupun internasional.

Lokasinya yang berada di ketinggian 930 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di kampung ini berkisar antara 22 derajat celcius.

Kampung itu bernama Desa Nagari Tabek Sarojo atau biasa disebut sebagai guguak sarojo.

Desa yang memiliki luas wilayah sekitar 250 hektar kawasan tersebut secara administratif masuk dalam wilayah kecamatan Ampek Koto kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Sempat Terhenti, Pembangunan Jalan Tembus Kabupaten Pesisir Selatan-Solok Mundur dari Target Rampung

Terbentuk dari dua Jorong yakni Jorong Guguak Kandang dan Jorong Bubuktinggi yang dipisahkan oleh aliran sungai Batang Anyar.

Jarak ini untuk menghubungkan kedua Jorong tersebut dibangunlah sebuah jembatan gantung yang memerlukan biaya sekitar 5,5 miliar rupiah dari pemerintah.

Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia Telan Rp5,5 Miliar Ada di Desa Crazy Rich Sumatera Barat
Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia Telan Rp5,5 Miliar Ada di Desa Crazy Rich Sumatera Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat