bdadinfo.com

Menguak Sosok Dahlan Abdullah: Pahlawan yang Terlupakan Asal Sumatera Barat - News

Potret perjuangan Dahlan Abdullah. (Tangkap layar Youtube/Mulifa Channel)

- Di balik kemegahan alam Sumatera Barat, tentunya terdapat warisan yang tak ternilai dari para pahlawan yang berasal dari daerah ini.

Para panglima atau pahlawan asal Sumatera Barat telah memberikan kontribusi besar dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

Namun, siapa sangka Sumatera Barat nyatanya juga memiliki pahlawan yang terlupakan, Yakni Dahlan Abdullah.

Baca Juga: Update Terkini Proyek Tol Padang Pekanbaru, Jepang Lanjutkan Pembangunan Seksi 4 Payakumbuh Pangkalan

Meskipun nama Dahlan Abdullah tidak sepopuler pahlawan-pahlawan lainnya, kontribusinya dalam perjuangan kemerdekaan tak boleh dilupakan.

Dahlan Abdullah lahir di Pariaman pada tanggal 15 Juni 1895 setelah menempuh Pendidikan di Universitas Pertiwi Leiden, Belanda.

Dahlan Abdullah dikenal aktif terlihat dalam pergerakan mahasiswa untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Nikmatnya Aia Aka, Minuman Es Cincau Khas Sumatera Barat yang Menyegarkan: Begini Cara Buatnya

Sepulangnya ke tanah air, Dahlan Bersama pejuang lainnya bergabung dengan partai Indonesia Raya (Parindra) dan seangkatan dengan Muhammad Husni Thamrin.

Dahlan kemudian dipercaya menjadi anggota dewan kota Batavia pada tahun 1939, lalu terpilih sebagai anggota badan pekerja harian kota Batavia pada 1942 tepatnya saat Jepang mengambil alih kekuasaan dari Belanda.

Dahlan kemudian diangkat menjadi walikota kota istimewa Jakarta, disaat inilah peran beliau untuk kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Resep Gulai Baga, Menu Sajian Khas Pariaman Sumatera Barat yang akan Menggoyang Lidah Anda!

Perannya untuk kemerdekaan Indonesia sangat besar sebagai pejabat di zaman Jepang, beliau tentu sangat dekat dengan pembesar Jepang di Indonesia.

Coba bayangkan seandainya ia tidak melobi penguasa Jepang, kemungkinan besar proklamasi kemerdekaan tidak bisa dibacakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat