bdadinfo.com

Fakta Menarik Tol Bengkulu Lubuklinggau Menembus Perut Bukit Barisan - News

Fakta Menarik Tol Bengkulu Lubuklinggau Menembus Perut Bukit Barisan

 - Jalan tol Lubuklinggau Curug Bengkulu adalah jalan tol bagian dari jalan tol Trans Sumatera jtts yang menghubungkan Kota Lubuklinggau di Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu ruas tol sepanjang 95, KM ini akan melintasi daerah-daerah yang berada di Kota Bengkulu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong dan kota Lubuklinggau.

Pembangunan tahap pertama dimulai dari kota Bengkulu ke Kecamatan Tabah penanjung yang mulai dikerjakan sejak September 2019 PT Hutama Karya Hakam menjadi pelaksana pembangunan tahap pertama.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Pertama di Bumi Raflesia yang Menghubungkan Bengkulu-Lubuk Linggau

Setelah tahap pertama selesai proses pembangunan jalan tol tahap 2 berlanjut dari Tabah Penanjung Kepahiang dengan melintasi Bukit Barisan pada tahap 2 inilah yang direncanakan akan dibangun terowongan sepanjang kurang lebih 7 KM menembus perut Bukit Barisan.

Terakhir pembangunan jalan tol ini akan dilanjutkan dari Kepahiang ke Lubuklinggau yang terhubung langsung dengan Jalan Lintas Tengah Sumatera dan rencana JTTS ruas Muara Enim Lubuklinggau Jika jalan tol Lubuklinggau Curug Bengkulu ini selesai seutuhnya.

Maka waktu tempuh Lubuklinggau ke Bengkulu selama 4 jam lebih Jalan Arteri dapat dipangkas menjadi satu hingga dua jam saja melalui jalan tol sebagai informasi pembangunan jalan tol Lubuklinggau Curug Bengkulu.

Baca Juga: Karya Anak Bangsa Membuat Jalan Tol Semarang Demak dari Bahan Bambu dan Berfungsi Sebagai Tanggul Laut

Dibagi menjadi beberapa tahap pengerjaan yaitu tahap 1 ruas Bengkulu tambah penanjung sepanjang 17,6 KM menghubungkan kota Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Tahap 2 ruas Tabanan sepanjang 23,7 KM menghubungkan Kabupaten Bengkulu Tengah dengan Kabupaten Kepahiang tahap 3 ruas Kepahiang Lubuklinggau sepanjang 54,5 KM menghubungkan Kabupaten Kepahiang dengan Kota Lubuklinggau di Sumatera Selatan.

Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Pertama di Bumi Raflesia yang Menghubungkan Bengkulu-Lubuk Linggau

Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Pertama di Bumi Raflesia yang Menghubungkan Bengkulu-Lubuk Linggau
Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Pertama di Bumi Raflesia yang Menghubungkan Bengkulu-Lubuk Linggau

Dalam kunjungan yang akan dilakukan Presiden RI dan rombongan ke Provinsi Bengkulu, salah satu yang menjadi agenda adalah untuk meresmikan Jalan Tol Bengkulu - Lubuk Linggau.

Sesuai jadwal yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut akan hadir di Bumi Rafflesia pada Selasa 18 Juli 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat