bdadinfo.com

Deretan Provinsi Paling Kaya di Sumatera: Ada Provinsi Termuda Paling Makmur, Sumatera Barat Apa Cerita? - News

Deretan Provinsi Paling Kaya di Sumatera: Ada Provinsi Termuda Paling Makmur, Sumatera Barat Apa Cerita?

- Provinsi mana saja yang masuk lima provinsi terkaya sekaligus Provinsi paling makmur di wilayah Sumatera berdasarkan PDRB perkapita.

Dan juga tingkat kemiskinan masyarakatnya PDRB perkapita ialah tolak ukur makmurnya suatu wilayah karena nilai ini didapat dari total pendapatan seluruh penduduk suatu wilayah dalam satu tahun dibagi dengan jumlah penduduk wilayah tersebut.

Perlu diingat setiap provinsi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kita jadikan contoh dan pelajaran untuk lebih baik kedepannya nah kali ini kita akan bahas provinsi-provinsi paling makmur di wilayah Sumatera.

Baca Juga: Daftar 5 Kota Tersepi di Sumatera Utara dengan Kepadatan Penduduk Rendah

Dari data yang kami peroleh dari Badan Pusat Statistik terbaru ternyata ada beberapa provinsi yang baru dimekarkan masuk dalam daftar ini.

Inilah Deretan Provinsi Paling Kaya di Sumatera yang dilansir dari kanal Youtube Sumatera Pedia sebagai berikut:

1. Provinsi Sumatera Utara

Provinsi dengan danau vulkanik terluas di dunia ini ada di urutan kelima sebagai Provinsi paling makmur di wilayah Sumatera Sumatera Utara juga merupakan provinsi dengan jumlah kabupaten kota terbanyak di pulau Sumatera.

Baca Juga: Deretan Kabupaten Paling Luas di Sumatera Barat, Ada yang Lebih Luas dari Provinsi Bali

Berdasarkan data BPS terbaru jumlah penduduk provinsi ini mencapai 14 juta jiwa lebih pada tahun 2021 terbanyak ke-4 di Indonesia.

Setelah Jawa Barat Jawa Timur dan Jawa Tengah dari total jumlah penduduk tersebut didapat Jumlah pendapatan perkapita masyarakat Sumatera Utara sebesar 57 juta rupiah lebih.

Kabupaten Kota penyumbang pendapatan perkapita terbesar di wilayah ini masih dari kota Medan sebagai ibukota provinsi.

Dengan jumlah pendapatan perkapita mencapai 103 lebih angka kemiskinan di daerah ini juga berada di bawah rata-rata nasional dan regional yaitu 8,42 persen

Pada semester pertama tahun ini meski begitu pemerintah Provinsi Sumatera Utara tentunya bisa lebih baik lagi dalam menekan tingkat kemiskinan di daerah ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat