bdadinfo.com

Dibalik Polemik Proyek Strategis Nasional, Nagari Air Bangis di Sumbar Menyimpan Keindahan Alam yang Memukau - News

Keindahan alam Sumatera Barat di tengah polemik Proyek Strategis Nasional Nagari Air Bangis (ksmtour.com)

- Saat ini, penduduk dari Nagari Air Bangis, Pasaman Barat, Sumatera Barat sedang berjuang untuk menolak pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diusulkan oleh pemerintah.

Sebanyak 1.500 orang dari Desa atau Nagari Air Bangis di Sumatera Barat menentang rencana pembangunan kawasan industri petrokimia yang diajukan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Mereka khawatir dengan dampak dari pembangunan proyek tersebut, karena takut akan kehilangan lahan sawit yang telah menjadi sumber mata pencaharian mereka selama puluhan tahun.

Baca Juga: Jejak Sejarah PMTOH, Bus Ikonik Penjelajah Sumatera dari Ujung Barat Indonesia

Akibat penolakan terhadap Proyek Strategis Nasional tersebut, ribuan orang dipaksa untuk pulang kembali dan belasan pendemo ditangkap secara sewenang-wenang oleh kepolisian.

Warga merasa khawatir dengan rencana pembangunan industri petrokimia ini, karena takut akan dampaknya yang dapat merugikan kehidupan mereka dan mengganggu keseimbangan lingkungan di daerah mereka.

Di samping itu, area pertanian dan tempat-tempat untuk beraktivitas lainnya akan terancam menghilang, mengancam sumber penghasilan masyarakat Nagari Air Bangis yang telah menjadi andalan mereka selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Mendapat Protes oleh Warga Air Bangis, Apa Sih Sebenarnya Proyek Strategis Nasional?

Dibalik polemik yang sedang terjadi saat ini, rupanya Nagari Air Bangis menyimpan keindahan alam yang cocok sebagai desa pariwisata.

Dilansir dari situs jadesta kemenparekraf, ada beberapa destinasi wisata yang patut anda kunjungi di desa yang berlokasi di apasaman barat, Sumatera Barat ini.

Berikut beberapa destinasi wisata di Nagari Air Bangis.

Baca Juga: Menyambangi Keindahan Pantai Carocok di Painan Sumatera Barat, Bikin Healing makin Asyik!

1. Pantai Tugu Air Bangis

Pantai Tugu Air Bangis merupakan salah satu destinasi pariwisata alam yang berlokasi di Pasaman Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat