bdadinfo.com

Pesona Ngarai Sianok, Destinasi Wisata yang Cocok untuk Pecinta Trekking - News

Ngarai Sianok   (geoparkngaraisianokmaninjau.org)




- Ngarai sianok berasal dari bahasa Minangkabau, yang mana Sianok yang mempunyai arti diam atau sunyi, ini dikarenakan suasananya tenang dan sunyi.

Ngarai yang menjadi perbatasan kabupaten agam dan kota Bukittinggi merupakan sebuah lembah sempit dengan kedalaman kurang lebih 100 m dan memiliki panjang 15 km, terbentuk dikarenakan efek dari aktivitas pergerakan lempeng bumi di pulau Sumatera dan juga karena efek dari letusan gunung purba Maninjau, proses ini menghasilkan sebuah tempat yang subur.

Wisata alam Ngarai sianok adalah tempat yang sangat megah dan cantik sehingga disamakan dengan Green Canyon di Amerika. Ngarai sianok memiliki tempat yang belum terjamah yang mana rumah bagi banyaknya flora dan fauna, selain memberikan panorama tebing dan lembah, tempat ini juga menjadi Geopark Nasional pada tahun 2018, yang mana dilansir dari laman geoparkngaraisianokmaninjau.org geopark itu adalah satu kesatuan wilayah yang utuh dan dikelola berdasarkan strategi pembangunan berkelanjutan, bukan hanya sekumpulan situs geologis bernilai tinggi saja.

Baca Juga: 15 Makanan Tradisional Khas Sumatera Utara, Nomor 10 Hanya Ada Saat Acara Adat dengan Bumbu Khas

Berlokasikan di kecamatan IV koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, ngarai yang termasuk sebagai ngarai tercuram di pulau Sumatera. Untuk pecinta trekking, bisa masuk ke ngarai sianok dari kota Bukittinggi dengan melewati jenjang 1.000 yang terletak di Bukit Apit Puhun.

Baiknya apabila ingin menuruni jenjang 1000, disarankan para wisatawan untuk berangkat pagi hari.

Selain itu terdapat air yang mengalir dan berkelok-kelok di sepanjang ngarai sianok yang dikenal dengan sungai batang sianok,  Sehingga menjadikan tempat ini cocok untuk tempat  kamping dan untuk tempat bermain air.

Baca Juga: Menelusuri Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera, Tempat Berkumpul Empat Spesies Satu-Satunya di Dunia

Tujuan lain tempat yang harus didatangi oleh wisatawan apabila ke ngarai sianok adalah Taman Panorama Ngarai Sianok, disini wisatawan bisa menikmati pemandangan ngarai lebih jelas jika cuaca cerah.

Fasilitas yang ada disekitaran ngarai ini tergolong lengkap dari area parkiran yang luas, tempat untuk menginap, terdapat juga beberapa cafe dan tempat makan serta ada toiletnya juga.

Dari ngarai sianok kita bisa berjalan sedikit dan bisa memasuki tempat wisata lobang Jepang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat