bdadinfo.com

Aceh Sudah Berdaulat Sebelum NKRI Merdeka? Dulu Soekarno Sambangi Aceh dan Daud Beureueh Minta Bantuan - News

Aceh Sudah Berdaulat Sebelum NKRI Merdeka? Dulu Sukarno Sambangi Aceh dan Daud Beureueh Minta Bantuan

- Memang jauh sebelum NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) berdiri Aceh Darussalam telah berdaulat sebagai sebuah kerajaan merdeka.

Dan bahkan menjadi bagian dari kehilafan Turki Utsmaniyah hal ini sungguh-sungguh disadari oleh Soekarno sehingga Soekarno mengajak.

Dan membujuk muslim Aceh untuk mau bergabung dengan rakyat Indonesia guna melawan penjajahan Belanda untuk Indonesia.

Baca Juga: Penuh Haru, Deretan Pahlawan Asal Sumatera Utara, Nomor 5 Ditembak hingga Meninggal saat Salat Bareng Soekarno

Pada saat Indonesia mengalami agresi militer Belanda Indonesia kuwalahan sehingga Presiden Soekarno melirik Aceh agar ikut menghadapi Agresi Militer Belanda I.

Wujud akhirnya pada bulan Juni 1945 Presiden Soekarno melakukan muhibah mendatangi Aceh.  

Darussalam di Aceh Presiden Soekarno disambut  Gagap Gempita oleh rakyat Aceh dan ditabok sebagai pemimpin oleh para tokoh setempat. 

Baca Juga: Gadis Bengkulu yang Buat Soekarno Terpesona! Ini Profil Fatmawati, Ibu Negara Pertama Republik Indonesia

Presiden Soekarno dengan sengaja menemui Daud Beureueh. Soekarno selaku presiden Indonesia memanggil dokter dengan sebutan kakak atau  Kakanda dalam sebuah pertemuan.

Dengan Teungku Daud Beureueh Soekarno berharap agar tokoh terkemuka Aceh itu mengajak rakyatnya dalam  perjuangan melawan Belanda sehingga terjadilah dialog yang sampai saat ini tersimpan dengan baik dalam catatan sejarah Aceh.

Soekarno- Hatta datang ke Aceh mohon bantuan untuk membangun negara dalam buku kisah kembalinya Teungku Muhammad Daud Beureueh ke  pengangguran Republik Indonesia karya Muhammad  Nur El ibrahimy menceritakan pertemuan antara doubler dan Presiden Soekarno.

Inilah dialog presiden Soekarno dengan Teungku Daud Beureueh Presiden Soekarno kepada dokter eh kakak saya minta bantuan Kakak agar rakyat Aceh turut  mengambil bagian dalam perjuangan bersenjata.  

yang sekarang sedang berkobar antara Indonesia dan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan yang kita proklamirkan pada 17 Agustus 1945 kemarin Daud Beureueh menyambut ajakan Soekarno dengan senang hati.  

kemudian Daud Beureueh menjawab saudara presiden saya menyatakan sanggup memenuhi permintaan tersebut.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat