bdadinfo.com

Mengapa Aliran Listrik sering Terhenti saat Musim Penghujan? Simak Penjelasan PLN UID Sumbar - News

Mengapa Aliran Listrik sering Terhenti saat Musim Penghujan? Simak Penjelasan PLN UID Sumbar  (Humas PLN )

- Mengapa aliran listrik sering terhenti saat musim penghujan? Simak penjelasan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar).

PLN UID Sumbar terus berupaya memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan serta petugas yang memberikan layanan kelistrikan.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, upaya menjaga kelistrikan tetap aman juga dapat dilakukan masyarakat.

Baca Juga: PLN UP3 Padang Program Gebyar Kemerdekaan 2023, Tambah Daya Cuma Rp170 Ribu

Eric menghimbau masyarakat bijak menggunakan listrik dan beraktivitas degan jarak aman dari jaringan listrik untuk keselamatan dan keamanan dari aliran listrik di musim penghujan.

‘’PLN selalu bersiaga mengamankan sistem kelistrikan, baik dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga jaringan ke bangunan pelanggan. Keamanan seluruh pelanggan adalah yang utama,’’ katanya.

Eric menjelaskan, air adalah penghantar listrik. Aliran air yang tergenang akibat hujan terkadang membuat PLN terpaksa melakukan penghentian aliran listrik sementara demi menjaga keselamatan pelanggan. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada jaringan listrik atau menghindari bangunan atau masyarakat tersengat aliran listrik.

Baca Juga: Sambangi Polres Padang Pariaman, PLN Paparkan Sederet Manfaat Listrik Prabayar

Aliran listrik dapat dihentikan secara sengaja oleh petugas PLN maupun terhenti otomatis saat cuaca ekstrem musim penghujan diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, aliran listrik terhenti karena gardu listrik tergenang air. Aliran listrik harus segera dihentikan oleh PLN agar air yang tergenang tidak mengalirkan listrik dan menelan korban.

Kedua, adanya jaringan listrik yang ditimpa pohon tumbang. Pohon yang mengenai atau menimpa jaringan listrik akan menyebabkan komponen listrik terganggu dan/atau terputus otomatis.

Ketiga, instalasi jaringan listrik tertimpa longsor. Instalasi jaringan listrik baik gardu, tiang, dan instalasi lainnya yang tertimpa longsor mengakibatkan aliran listrik terputus secara otomatis.

Keempat, hujan disertai petir. Sambaran tidak langsung petir yang mengenai peralatan listrik dapat menyebabkan korsleting sehingga aliran listrik di bangunan pemilik peralatan tersebut akan terputus secara otomatis.

Setelah mengerti faktor menyebab aliran listrik dapat terhenti di musim penghujan, selanjutnya Eric berharap, masyarakat dapat lebih aktif menggunakan PLN Mobile untuk membantu mencegah potensi bahaya lsitrik yang tidak diinginkan di musim penghujan.

‘’Mari kita cegah potensi bahaya listrik di musim penghujan. Bila terjadi potensi gangguan jaringan listrik di lingkungan sekitar pelanggan atau pada bangunan pelanggan, segera laporkan ke PLN melalui aplikasi PLN Mobile, yaitu pada fitur pengaduan,’’ ajaknya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat