bdadinfo.com

Presiden Jokowi Imbau Pelaku Industri Otomotif Tanah Air Fokus Ekspor: Supaya Tidak Macet - News

Presiden Jokowi. (Setkab.go.id)

 - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau segenap pelaku industri otomotif di Indonesia untuk berfokus pada ekspor.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat secara resmi membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 yang digelar di JIEXPO, Convention Center and Theater, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023 kemarin.

Baca Juga: Kelakar Prabowo Setelah JoMan Nyatakan Dulungan: Saya Tambah Muda 23 Tahun

Pada pidato pembukaan IIMS, Jokowi memuji industri otomotif di Indonesia yang telah mengalami peningkatan secara signifikan tiap tahunnya.

“Tahun 2022 kemarin tumbuh 18 persen, meningkat dari tahun sebelumnya. Penjualan mobil tahun 2022 tercatat 1.048.000 mobil. Dan juga sepeda motor mengalami peningkatan 3,3 persen, meningkat di angka 5.221.000 unit di tahun 2022,” ungkap Presiden, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat, 17 Februari 2023.

Meski demikian, Jokowi mengkhawatirkan peningkatan penjualan kendaraan tersebut menyebabkan kemacetan di kota-kota besar di Tanah Air, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul Sejarah Indonesia Kelas 12 Paket C Tema 11 Latihan Soal Unit 2 Halaman 40 41 42

Mengatasi hal tersebut, Jokowi mengajak industri otomotif untuk lebih berorientasi pada penjualan luar negeri.

“Supaya tidak macet, saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Memang peningkatannya sudah cukup tajam dari tahun 2021 ke tahun 2022 dari 300 ribu, kurang lebih, sudah naik ke hampir 600 ribu,” ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap industri otomotif yang sudah meningkatkan ekspornya hingga mencapai 100 persen. Namun, ia menegaskan pemerintah akan terus mendorong peningkatan ekspor kendaraan untuk meningkatkan daya saing dengan negara lain.

“Tapi kita masih kalah dengan Thailand, sehingga saya ingin mendorong lagi, agar ekspornya semakin tinggi dan naik setiap tahunnya,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pria kelahiran Surakarta ini turut mengajak masyarakat untuk menggunakan mobil listrik dengan mencontohkan jika negara-negara di dunia akan beralih ke ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga: Viral Jalanan Beton di Bojonegoro Terbengkalai Hingga Berbentuk Mirip Puzzle

“Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah trend yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion geser sedikit-sedikit ke mobil listrik,” jelasnya.

Ia menuturkan, pemerintah saat ini sedang mendorong ekosistem industri mobil listrik di Indonesia supaya dapat hadir dalam rantai pasok global. Sehingga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat