bdadinfo.com

JTTS Terus Mengular, Tol Bengkulu Juga Akan Miliki Terowongan Canggih Menembus Bukit Kalahkan Sumatera Barat - News

JTTS Terus Mengular, Tol Bengkulu Juga Akan Miliki Terowongan Canggih Menembus Bukit Kalahkan Sumatera Barat

HARIANHALUAN.COM - Sumatera terus membangun, ruas demi ruas jalan tol Trans Sumatera yang sangat kaya akan sumber daya alam ini terus mengular.

Hampir setiap provinsi di pulau ini telah dibangun jalan tol Sapah satunya Provinsi Bengkulu.

Bengkulu telah memiliki satu ruas tol yang telah dioperasionalkan dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi Widodo. Satu dari 3 seksi ruas Bengkulu - Lubuk Linggau telah rampung dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Dua Jalan Tol Baru di Sumatera Utara ini Siap Jadi Penopang Ekonomi Provinsi, Dibuat Langsung ke Kuala Tanjung

Sementara untuk ruas lanjutan Taba Penanjung - Lubuk Linggau akan dikerjakan tahun 2024.

Pembangunan jalan tol di Provinsi Bengkulu kabarnya akan terus dilanjutkan karena merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional.

Uniknya pada ruas ini juga akan ada terowongan yang dibangun dengan teknologi canggih seperti yang berada di Sumatera Barat nantinya.

Baca Juga: Segera Dibuka, Dua Ruas JTTS ini Bikin Jalan Tol di Sumatera Utara Makin Panjang dan Terdepan

Adapun panjang terowongan yang akan dibangun menembus bukit barisan tersebut mencapai panjang 7 Km.

Hanya sedikit berbeda dengan terowongan tol padang Pekanbaru yang akan dibangun mencapai 8 km lebih.

Tol Bengkulu akan terhubung langsung dengan Backbone Tol Trans Sumatera yang berada di Sumatera Selatan.Ruas ini merupakan akses penting bagi konektivitas di wilayah pesisir barat pulau Sumatera.

Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Bengkulu Lubuklinggau yang menghubungkan Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah. Ruas ini merupakan pembangunan tahap pertama dari proyek tersebut.

Pembangunannya diawali dari Betungan, Selebar, Bengkulu menuju Sukarami, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah dengan panjang 17,6 kilometer. PT Hutama Karya menjadi pelaksana pembangunan yang ditargetkan rampung pada tahun 2022.

Pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia. Pembangunan konstruksi yang mulai dikerjakan sejak September 2019 akhirnya selesai 100 persen pada April 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat