bdadinfo.com

Serba-serbi Sitinjau Lauik, Jalur Tanjakan Paling Berbahaya di Sumatera Barat - News

Sitinjau Lauik, Jalur Tikungan yang Paling Berbahaya. (YouTube.com/Fairuz_mulyadi)

- Berkunjung ke wilayah Sumatera Barat, salah sudah barang tentu melewati jalur yang paling rentan dan rawan terjadinya kecelakaan bernama Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik merupakan tanjakan ekstrem dengan pemandangan indah di Jalan Raya Padang-Jambi, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Membahas tentang Jalur Sitinjau Lauik, tentu orang-orang akan selalu mengingat dengan tikungan yang tajam serta memiliki jalur tingkat menanjak yang penuh curam. 

Baca Juga: Hasil Penelitian Konsumsi Kental Manis ke Balita: Perlunya Sosialisasi Gizi untuk Masyarakat di Optimalkan

Apapun kendaraannya, baik itu mobil, truk dan bus, patut memperhatikan kondisi kesehatan mesin. Sehingga saat melintas, bisa terhindar dari kematian.

Sitinjau Lauik masuk ke dalam kategori jalur nasional dan memiliki badan jalan yang lebar. Namun, perlu dicatat tak semua kendaraan dapat dengan mudah melintas. 

Sebagai contoh, kendaraan yang mengangkut barang-barang berat, diharuskan mengambil sisi terluar yang landai agar mendapatkan momentum untuk menanjak.

Baca Juga: Kocak! Resmi Gabung PSI, Warganet Malah Minta PDI Rekrut Mantan Kekasih Kaesang Pangarep: Angkat Jadi Depok 1

Sitinjau Lauik, menjadi bagian dari jalur tanjakan dengan tingkat kemiringannya yang curam hingga 45 derajat. Dapat dikatalan, jalur ini mempunyai tikungan yang sulit dikendalikan saat berbelok.

Tikungan ini menjadi bagian dari rute jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi.

Melintasi tanjakan ini, para pengemudi dituntut memiliki kemampuan berkendara yang baik yang dibarengi kewaspadaan ekstra.

Baca Juga: Bukan Cuma MBZ, Ternyata Ada Banyak Tol Layang di Indonesia, Salah Satunya Sudah Beroperasi Sejak 1989!

Pasalnya bila tidak berhati-hati, kemungkinan besar mobil bisa mundur secara mendadak, tidak bisa menanjak, hingga berujung kecelakaan. 

Oleh karenanya, tanjakan ekstrem di wilayah pegunungan Sumatera Barat tersebut sering disebut sebagai salah satu jalur yang paling berbahaya di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat