bdadinfo.com

Waspada Kalau Lewat Tanjakan Sitinjau Lauik, Kondisi Cuaca di Padang Semakin Menggila Potensi Hujan Besar - News

Illustasi Tanjakan Sitinjau Lauik  (Unsplash.com )

Menghadapi awal minggu pada Senin, 28 Agustus 2023 di Sumatera Barat akan berat karena seluruh wilayahnya akan diguyur hujan.

Dari prakiraan cuaca BMKG menyatakan bahwa sebagian besar daerahnya akan dilanda hujan lebat disertai petir.

Wilayah ibukota provinsi yaitu Kota Padang juga termasuk. Hal ini menjadikan jalur ekstrim tanjakan Sitinjau Lauik juga semakin berbahaya untuk dilewati.

Baca Juga: Bangga! Kembar Pertama Peraih Bintang Jasa Utama RI, 2 Ilmuwan Top Berdarah Minang yang Diakui Internasional

Dari laman resmi layanan informasi BMKG, ranah Minangkabau akan merasakan lagi hujan ringan hingga lebat semenjak beberapa hari yang lalu.

Setidaknya ada tiga belas wilayah dengan potensi hujan lebat, empat daerah lainnya akan diguyur hujan ringan dan dua wilayah tanpa curah hujan.

Wilayah dengan hujan lebat ada Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Pariaman, Pariaman, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Agam, Tanah Datar, Bukittinggi, Pasaman dan Padang.

Baca Juga: Tawuran 30 Menit Ormas vs Debt Collector di KSU Depok, Ini Pemicunya

Daerah yang memiliki intensitas hujan ringan ada Kabupaten Solok, Solok, Sawahlunto, dan Dharmasraya.

Sisanya yaitu Kabupaten Sijunjung dan Solok Selatan tidak memiliki potensi hujan dan seharian akan terisi dengan pola cuaca berawan saja.

Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat memiliki andil yang penting dalam perekonomian karena berpusat di wilayah ini.

Baca Juga: LRT Jabodetabek Resmi Beroperasi Besok Senin 28 Agustus, Simak Tips Cara Naiknya!

Makanya, banyak pengguna jalan pulang-pergi menggunakan jalan utama dari berbagai arah. Salah satunya dari jalur Jalan raya Padang-Solok.

Jalan penghubung Padang dan Kabupaten Solok ini terkenal dengan kengerian tanjakan curamnya yaitu Tanjakan Sitinjau Lauik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat