bdadinfo.com

Bukan Singa Podium, Pengamat Politik Ini Sebut Kaesang Bikin Politik Penuh Tawa - News

Kaesang usai resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI.  (Tangkap layar Instagram/@psi_id)

- Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, membuat gebrakan usai dirinya resmi menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam pidato pertama menjadi Ketua Umum PSI, polah Kaesang mendapat sorotan, salah satunya dari pengamat politik Saidiman Ahmad.

Dalam akun X (Twitter) miliknya @saidiman, dilansir Selasa, 26 September 2023, pidato Kaesang tersebut menampilkan sosoknya yang bersahaja dan penuh canda tawa.

Baca Juga: Rampung! 7 Proyek Raksasa Jokowi yang Bikin Negara di ASEAN Segan dan Menciut, Salah Satunya Ada di Aceh

Pengamat politik UI dan UIN Jakarta tersebut menyebut, Kaesang mencoba mengubah wajah politik yang kaku menjadi gembira.

Dalam pidato tersebut, Kaesang memang beberapa kali membuat tawa kader PSI pecah berkat celetukannya yang spontan.

Saidiman Ahmad menyebut, dalam pidatonya kaesang terlihat bukan seorang singa podium yang jago orasi. Namun, pembawaannya yang santai justru menjadi ciri khas yang coba dibawanya di PSI.

Baca Juga: Wabup Richi Aprian Minta Pasar Murah Dilaksanakan Saat dan Barang yang Tepat

“Di luar dari materi yang bagus itu, gaya berpidato Kaesang juga menarik. Dia tidak berpretensi menjadi seorang orator atau singa podium pembakar semangat. Dia tampil dengan kebersahajaannya. Pidato yang sudah tersusun sistematis dia improvisasi dengan sangat baik. Di sana sini, dia tambahkan komentar spontan yang umumnya mengundang tawa,” tulis Saidiman Ahmad.

Saidiman Aahmad menjelaskan, Kaesang mencoba menarik simpati anak muda, khusunya mereka yang masih apatis dan idealis memandang dunia politik.

“Dia ingin membangun optimisme dalam politik praktis. Ini jelas ditujukan pada para anak muda apatis dan idealis bahwa idealisme bisa diwujudkan dalam politik,” kata Saidiman Ahmad.

Baca Juga: PT Sucofindo Buka Lowongan Kerja untuk 3 Jabatan Ini, Buruan Daftar Sebelum Ditutup!

Selain gembira, Kaesang juga disebut ingin membawa politik yang mencemirkan adu gagasan ketimbang saling fitnah dan tuding.

Selain itu, Kaesang juga bakal mengubah wajah politik PSI menjadi partai nasionalis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat