bdadinfo.com

Sekjen PBNU Gus Ipul Sebut Deklarasi Anies - Cak Imin Bikin Banyak Kiai Prihatin: Kok, Bisa? - News

Ilustrasi Gus Dur, bersebelahan dengan foto sosok Gus Ipul. (Tangkap layar Instagram/@totalpolitikcom)

- Sekretaris Jendral PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipulmenyebut banyak kiai di Jawa Timur merasa nelongso alias prihatin. Deklarasi pasangan capres – cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dituding jadi penyebabnya.

Deklarasi capres dan cawapres dari koalisi perubahan untuk persatuan Anies Baswedan-Cak Imin dianggap cukup tergesa gesa membuat para kiai di Jawa Timur.

Gus Ipul menyebut para Kiai di Jawa Timur tersebut memerlukan waktu untuk mencernanya. Ia pun mengaku mendapat informasi deklarasi Anies-Cak Imin tanpa ada pemberitahuan lebih dulu kepada para kiai.

Baca Juga: 8 Proyek Gagal Ditangan Anies Baswedan yang Jadi Sorotan Publik, Proyek Dibongkar dan Rakyat Kena Prank!

Gus Ipul menjelaskan hal itu kala merespon hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyatakan deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin sebelumnya belum memberikan dampak yang signifikan untuk elektabilitas Anies di Jawa Timur

Lebih lanjut Sekjen PBNU itu juga mengatakan berkoalisi bersama dengan orang-orang yang dipersepsikan berseberangan dengan Gus Dur dan presiden sama-sama memiliki pengaruh di kalangan para pemilih

“Tiap hari ini memang banyak kiai yang nelongso, atau prihatin dengan deklarasi yang cukup mendadak, dan memerlukan waktu untuk mencernanya, dan itu tergambar dalam surveinya. Karena koalisi dengan orang-orang yang dipersepsikan berseberangan dengan Gus Dur. Gus Dur dan presiden sama-sama punya pengaruh di kalangan pemilih,” kata Gus Ipul, dilansir dari Instagram @totalpolitikcon, Kmais, 5 Oktober 2023.

Baca Juga: Simak 6 Cara Atasi Stres dan Emosi Negatif Buat Kamu yang Sering Mengalami Hal Ini

Menurut Gus Ipul fenomena dimana pendukung Gus Dur dan presiden lebih lebih banyak ketimbang orang-orang yang berseberangan dengan Gus Dur dan presiden.

Hal itu juga tergambar dari hasil Survei Indikator Politik yang menemukan belum ada dampak positif terhadap elektabilitas Anies di Jawa Timur.

Gus Ipul menjelaskan adanya kiai yang beranggapan deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin untuk berpaling meninggalkan Gus Dur.

Baca Juga: Dua Poin Bikin Erick Thohir Jadi Kandidat Cawapres Terkuat untuk Prabowo

Dikarenakan Cak Imin berkoalisi dengan kelompok dan orang-orang yang dipersepsikan berseberangan dengan Gus Dur,   

Selain itu Gus Ipul menilai Cak Imin berkoalisi Bersama orang-orang dan kelompok yang dipersepsikan berseberangan dengan presiden, itu adalah Langkah Cak Imin mengoreksi presiden Joko Widodo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat