bdadinfo.com

Waduh! 61 PSN Masih Tahap Konstruksi, Kapan Selesai? Ini Penjelasan Menteri Airlangga Hartarto - News

Jokowi saat berikan pidato di acara Sewindu PSN.  (dok. Setkab)

- Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jowoki, Proyek Strategis Nasional atau PSN gencar dilakukan.

Menuju habis masa jabatan presiden di 2024, Jokowi telah menyelsaikan banyak PSN tersebut. Meski begitu, tetap saja ada yang masih jalan di tempat, seperti masih dalam progress konstruksi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, per 4 Oktober 2023, sebanyak 170 proyek strategis nasional atau PSN telah rampung digarap dengan nilai investasi Rp 1.299,41 triliun.

Baca Juga: Gegara Ini Puan Maharani Imbau Pemerintah Hati-hati Soal KCJB: Jangan Sampai Sepi Kayak Bandara Kertajati!

Selain itu, Airlangga Hartarto juga menjelaskan, saat ini terdapat terdapat 61 PSN yang masih berada dalam tahap konstruksi.

“Kalau kita lihat tahun ini, kita lihat sampai dengan 4 Oktober ada 17 proyek yang nilainya Rp 259,41 triliun, proyeknya baik itu jalan tol, pelabuhan, High-Speed Train Jakarta Bandung juga sudah selesai nilainya Rp 125,7 triliun,” kata Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, dilansir Sabtu, 6 Oktober 2023.

“Kemudian LRT senilai Rp 29,9 triliun, kemudian berbagai kawasan industri, berbagai bendungan, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Serpong-Cinere, dan Tol Pasuruan,” lanjutnya.

Baca Juga: Pencari Kerja Bisa Tersenyum, Mie Gacoan Buka Lowongan Kerja di Posisi Ini, Lulusan SMA Buruan Daftar!

Kemudian, kata Airlangga Hartarto lagi, terdapat 16 proyek yang belum diresmikan. Nilai investasi yang diperoleh ditaksir mencapai Rp 179,46 triliun.

16 PSN tersebut mencakup Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Pelabuhan Likupang, Makassar New Port dan Liquefied Natural Gas Train 3 di Papua Barat.

Selanjutnya, ada juga Proyek Satelit Multifungsi, Proyek Tangguh LNG, serta beberapa bendungan lainnya.

Baca Juga: Kamu Jago Menghitung? Ada Lowongan Kerja di PT Metropolitan Land, Lulusan S1 Ekonomi Sikat

Airlangga juga menyampaikan bahwa masih ada 25 PSN dengan nilai investasi Rp 151,58 triliun yang akan selesai hingga 20 Oktober 2024.

Pryek strategis nasional tersebut mencakup bidang jalan tol, kawasan industri, bandara, dan kampus Universitas Islam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat