bdadinfo.com

Sejumlah Ruas Tol Trans Sumatera Dikeluarkan dari PSN, JTTS Gagal Tersambung? - News

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Sebut Ada Beberapa PSN yang Gagal Dibangun, Beberapa Ruas JTTS Jadi Korban. (Dok Hutama Karya)

- Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan ada sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya dibatalkan. 

Diumumknanya pembatalan sejumlah PSN itu diungkapkan oleh Airlangga usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. 

PSN yang dproyeknya dibatalkan adalah beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni Langsa-Lhoksumauwe, Lhokseumawe-Sigli, Ruas Tol Rantau  Prapat Kisaran. 

Dihadiri Jokowi dan Kaesang, Bahas Apa?

Tak hanya itu, ada pula PSN pelabuhan New Ambon hingga pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM).

Lebih jauh dijelaskan Airlangga Hartarto, proyek tersebut dibatalkan lantaran belum dimulainya pengerjaan dan APBN yang tak keluar. 

"Ada beberapa proyek yang dihentikan karena memang belum mulai dan belum ada dikeluarkan APBN. Antara lain, pelabuhan New Ambon, kemudian terkait kawasan industri di Tanggamus. Kemudian beberapa kawasan proyek PU, antara lain Air Baku di Provinsi Bali, Tol Rantau Prapat Kisaran, Langsa-Lhoksumauwe, Lhokseumawe-Sigli," ujar Airlangga. 

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Terima Uang dari Eks Mentan SYL: 1 Miliar Itu Banyak, Bawanya Gimana?

"Tol Dumai Sigambar, Rantau Prapat, Muara Enim, SPAM Juanda, SPAM Jatigede, SPAM Kamijoro. Itu seluruhnya dikeluarkan dari PSN karena proyeknya antara off taker dan financial-nya belum closing," katanya melanjutkan. 

Di kesempatan yang sama, Airlangga juga melaporkan bahwa terdapat 170 PSN yang pengerjasnnya kini sudah rampung per 4 Oktober 2023.

Adapun 170 PSN tersebut nilai proyeknya mencapai Rp1.299,41 triliun. 

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Jambi Teken Proyek JTTS Tahap II Senilai Rp2,7 Triliun, ke Palembang Jadi Makin Cepat 

Airlangga melanjutkan, pada tahun 2023 ini hingga tanggal 4 Oktober ada 17 PSN yang telah diresmikan Presiden Jokowi dengan nilai mencapai Rp259,41 triliun. 

Proyek-proyek tersebut antara lain Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang nilainya Rp125,7 triliun, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek senilai Rp29,9 triliun, berbagai kawasan indsutri, bendungan, dan jalan tol.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat