bdadinfo.com

Tol Payakumbuh Pangkalan Digadang-gadang Jadi yang Termegah Se-Asia Tenggara? Rupanya karena Alasan Ini - News

Tol Payakumbuh Pangkalan Digadang-gadang Jadi yang Termegah Se-Asia Tenggara? Rupanya karena Alasan Ini  (hutamakarya.com)

Pengerjaan Tol Padang Pekanbaru seksi 4 Payakumbuh Pangkalan digadang-gadang akan jadi tol termegah di Sumatera bahkan se-Asia Tenggara.

Klaim ini memang bukan tanpa alasan, pasalnya, kontruksi Jalan Tol Padang Pekanbaru yang jadi koridor Jalan Tol Trans Sumatera akan memiliki terowongan tol yang nantinya akan memecahkan rekor terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Tol Cisumdawu di Jawa Barat karena sama-sama memiliki terowongan tol.

Baca Juga: Dihentikan Pemerintah! Mega Proyek Jalan Tol Sumatera Mandek di Ruas Ini, Begini Nasib Tol Jambi Pekanbaru

Selain karena memiliki terowongan tol, ruas tol ini disebut sebagai yang termegah karena menjadi ruas tol yang paling rumit.

Hal ini karena alasan lokasi dan pengerjaan tol ini yang dalam konstruksinya harus menempuh deretan bukit barisan.

Landscape tol ini yang dibangun dengan memperhatikan estetikanya seperti adanya terowongan menembus bukit.

Baca Juga: Sejumlah Proyek Jalan Tol Sumatera Gagal Lanjut dari Proyek Strategis Nasional, Daerahmu Terdampak?

Juga keseluruhan jalan yang melewati bukit barisan inilah akan memberikan pengalaman tak biasa dengan sajian pemandangan alam yang mempesona bagi siapa saja yang melewati ruas ini.

Alasan lain mengapa disebut sebagai yang termegah adalah karena melewati lokasi yang sulit, maka konstruksi yang disiapkan untuk Tol Payakumbuh - Pangkalan juga akan sangat canggih.

Rencananya akan ada tiga terowongan di tol yang dalam pembangunannya akan didanai oleh Jepang melalui Japan International Cooporation Agency.

Baca Juga: Keren! Ini Dia Tuan Rumah dari Jembatan Terpanjang Baru di Indonesia, Berhasil Kalahkan Jembatan Ampera Loh 

Dengan teknologi canggih dari Jepang, terowongan ini akan dibangun menembus bukit barisan di wilayah-wilayah Sarilamak – Pangkalan.

Dalam pembangunan terowongannya saja, biaya yang dibutuhkan untuk dapat mewujudkan jalan tol megah ini kurang lebih Rp9 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat