bdadinfo.com

Gelontorkan Rp6,6 Triliun, Pemerintah Bakal Bangun Jalan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur, Mulai Kapan? - News

Ilustrasi Pelabuhan Tanjung Priok. (Dok BeritaJakarta.id)

- Pemerintah akan segera membangun Jalan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur Baru atau New Priok Eastern Access (NPEA).

Adapun tujuan pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur Baru itu agar mendukung konektivitas dan efisiensi logistik nasional. 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Helson Siagian, menyebut peletakan batu pertama NPEA akan dilakukan pada akhir tahun ini. 

Baca Juga: BKN Imbau Cetak Ulang Kartu Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK, Berikut Penjelasannya

Menurut dia, sampai dengan saat ini persiapan pembangunan NPEA berjalan lancar, mulai dari pengadaan tanah hingga konstruksi. 

"Persiapan pengadaan tanah dan pekerjaan konstruksi sudah berjalan dengan baik. Groundbreaking akan dilakukan pada Desember nanti,” kata Helson Siagian. 

Sekadar informasi, Jalan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur Baru atau (NPEA) merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung ‘Whoosh’ Akan Dikenakan Tarif Normal, Segini Biaya dan Cara Daftarnya

Pembangunan NPEA sepanjang 6,6 kilometer ini diprakarsai oleh Pelindo. Estimasi nilai proyeknya sebesar Rp6,6 triliun. 

Helson menjelaskan PSN Jalan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur Baru akan tersambung dengan PSN Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang sudah lebih dulu selesai dan beroperasi. 

Jalan akses dan jalan tol ini, sambung dia, menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan berbagai kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. 

Baca Juga: Daerah Lain Proyeknya Dihentikan dari PSN, Riau Justru Siap Rampungkan Salah Satu Jalan Tol Terpanjang di JTTS

“Dengan adanya NPEA, akses dari dan menuju kawasan industri akan menjadi lebih lancar, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat