bdadinfo.com

Jokowi Segera ‘Groundbreaking’ Dalam Waktu Dekat, Begini Progres Bandara VVIP IKN di Kalimantan - News

Jokowi Segera ‘Groundbreaking’ Dalam Waktu Dekat, Begini Progres Bandara VVIP IKN di Kalimantan/Kementerian Sekretariat Negara

– Presiden Jokowi akan segera melakukan kunjungan ke Kalimantan dalam waktu dekat.

Terkait dengan pembangunan bandara baru di IKN yaitu bandara VVIP, dalam kunjungan tersebut nantinya, Presiden Jokowi akan melakukan groundbreaking.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi akan dilakukan pada tanggal 1 November mendatang. Peletakan batu pertama ini sebagai wujud tanda akan dimulainya pembangunan bandara VVIP di IKN.

Baca Juga: Tak Gentar Jika Gibran Resmi Menjadi Cawapres Prabowo, Puan Sebut Akan Lawan Siapapun

Bandara VVIP (Very Very Important Person) di IKN akan segera dibangun. Bandara ini nantinya adalah bandara yang dikhususkan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan, bandara VVIP tersebut rencananya akan mulai konstruksi di bulan November mendatang.

“Kita rencanakan 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024” tutur Budi Karya Sumadi menjelaskan.

Baca Juga: Tak Gentar Jika Gibran Resmi Menjadi Cawapres Prabowo, Puan Sebut Akan Lawan Siapapun

Update terkini terkait rencana pembangunan bandara VVIP IKN ini sudah sampai pada tahap pengecekan lokasi yang dilakukan oleh Menhub Budi Karya Sumadi bersama dengan para arsitek.

Konsep pembangunan yang akan diterapkan di bandara VVIP sendiri adalah berorientasi kepada alam serta ramah lingkungan.

“Kita minta para arsitek melakukan pekerjaan berorientasi pada alam. Jadi meski kita bangun bandara di IKN, tetapi tetap menjaga alam sekitar terkonservasi dengan baik. Kita pertahankan hutan yang ada dan tidak banyak pohon yang ditebang,” ujar Menhub.

Baca Juga: Memukau! Lewat Jalan Tol di Jawa Timur Ini Bisa Lihat 6 Pegunungan : Panjangnya Capai 38,48 KM

Dilansir dari laman Dishub Aceh, arsitektur bandara VVIP di IKN ini nantinya akan memadukan ciri khas budaya tradisional Kalimantan namun dengan tetap memunculkan sisi modern.

“Jadi tradisi budaya yang ada di sini sejak masa lalu, akan kita bawa ke masa kini dan masa depan,” tutur Yori Antar selaku salah satu arsitek bandara VVIP IKN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat