bdadinfo.com

Baru Membuka Usaha? Ini 7 Cara Agar Bisnismu Cepat Berkembang - News

Ilustrasi (pixabay.com/geralt)





- Setiap manusia yang merintis sebuah usaha pasti memiliki mimpi agar usahanya terus bisa maju dan berkembang.

Agar sebuah usaha bisa maju dan berkembang perlu adanya strategi-strategi dirancang dan dijalankan oleh seorang pengusaha yang bisa membuat usaha tersebut terus bertumbuh.

Strategi dan cara untuk mengembangkan sebuah bisnis bisa dilakukan sesuai dengan jenis usahanya, cara mengembangkan usaha toko kelontong berbeda dengan cara mengembangkan usaha lainnya.

Berikut adalah 7 cara agar bisnis toko kelontong cepat berkembang

Baca Juga: Desa Palak Aneh Kota Pariaman Jadi Lokasi Panen Raya Padi Sawah oleh Kementan RI

1.       Produk Lengkap dan Bervariasi

Toko kelontong erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, karenanya kelengkapan produk di toko kelontong menjadi satu fondasi usaha toko kelontong bisa maju.

Untuk mendapatkan jenis produk yang relevan dengan kebutuhan pasar, para pengusaha bisa melakukan riset pasar dengan mengadakan jenis produk yang bervariasi dan melakukan eliminasi produk yang tidak banyak diminati.

Para pengusaha bisa menyediakan stok produk yang banyak diminati di toko kelontong disimpan lebih banyak dibandingkan produk yang tidak diminati pelanggan.

2.       Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik bisa menjadi kunci bisnis toko kelontong cepat berkembang.

Jika pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik maka besar kemungkinan konsumen tersebut akan kembali datang dan membeli di toko kelontong.

Sedangkan jika pelayanan yang diberikan buruk, maka kemungkinan pelanggan toko kelontong akan kapok dan tidak mau kembali berbelanja di toko kelontong.

3.       Promosi Menarik

Promosi menarik bisa menumbuhkan minat para calon pembeli untuk datang dan berbelanja di toko kelontong yang kamu miliki.

Terdapat banyak jenis promosi yang bisa dilakukan untuk toko kelontong, misalnya promosi bundling, pemberian voucher, dan lain-lain.

Baca Juga: 500 Paket Sembako Presiden RI Dibagikan kepada Pedagang Pasar Pariaman

4.       Bergaul dengan Sesama Pengusaha

Bergaul dan berinteraksi dengan sesama pengusaha toko kelontong menjadi satu cara cepat untuk belajar dan praktik langsung mengenai teori bisnis.

Kamu dapat menjadikan seseorang pengusaha yang sudah terbukti bisa dan mampu menjalankan usahanya menjadi seorang mentor untuk belajar lebih dalam mengenai usaha yang sedang kamu jalankan.

5.       Terima Masukan dan Saran

Agar usaha toko kelontong dapat maju dan berkembang, kamu harus bisa menerima masukan dan saran, baik itu dari para pelanggan maupun dari mentor bisnis.

Kritik dan saran yang kamu dapatkan hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk mengembangkan bisnis yang kamu lakukan.

Baca Juga: Menyimpulkan Struktur Teks Cerita Pendek 'Pohon Keramat', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 75 76

6.       Tidak Cepat Puas

Biasanya para pengusaha yang baru memulai usahanya tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Karenanya tidak cepat puas juga menjadi satu cara agar bisnis cepat berkembang.

Misalnya, jika kamu sudah mendapat keuntungan, maka jangan langsung dibelikan untuk kebutuhan pribadi, kamu bisa memutarkan uang yang kamu dapatkan untuk dijadikan modal mengembangkan usaha yang kamu miliki.

7.       Tetap Berinovasi

Inovasi menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan di berbagai jenis usaha. Pun dalam usaha toko kelontong.

Jika dalam usaha toko kelontong, kamu bisa berinovasi dalam hal pemberian promosi yang unik dan menarik atau hal lainnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat